Top Ad unit 728 × 90

Breaking News

recentposts
Teknologi

4 Burung Dengan Sistem Pertahanan Terhebat di Dunia

4 Burung Dengan Sistem Pertahanan Terbaik didunia. Seleksi alam tidak hanya ada dalam dunia manusia, namun berlaku juga didunia Burung, bahkan terkadang terlihat lebih sadis. Meskipun demikian, ada juga burung yang memiliki sistem pertahanan yang unik dan tidak masuk akal, namun terbukti efektif untuk kelangsungan hidupnya.

Nah, berikut ini 4 Burung Dengan Sistem Pertahanan Terhebat didunia: 

Killder

4 Burung Dengan Sistem Pertahanan Terhebat di Dunia
Burung yang mudah ditemukan di Kanada, Amerika Serikat dan Meksiko ini terkenal agak berisik dan mereka membuat sarang didalam tanah, oleh karena itu telur dan anaknya sangat rentan oleh ancaman predator tanah, seperti rubah, kucing ataupun anjing. Untuk menyiasati ancaman yang datang ke sarangnya, Burung Killder akan melakukan gerakan seperti menyeret salah satu sayapnya seolah-olah sayap tersebut patah atau rusak dan berpura-pura sedang mencari bantuan. Percaya atau tidak, ternyata hal tersebut cukup efektif membuat para predator menjauhi sarangnya setelah melihat gerakan tidak berdayanya tersebut. 

Fulmar

4 Burung Dengan Sistem Pertahanan Terhebat di Dunia
Fulmar termasuk dalam kelompok burung laut. Fulmar dikenal berbau busuk, oleh karena itu mereka dinamai demikian (Fulmar berasal dari kata Norse yang berarti Camar Busuk), tidak hanya tubuhnya saja yang berbau busuk , bahkan telur mereka juga berbau busuk. Dikabarkan bahwa kulit telur Fulmar yang ditempatkan pada salah satu museum sebagai koleksi, hingga hari ini masih mengeluarkan bau busuk setelah 100 tahun disimpan.

Uniknya anak dari fulmar tidak dapat terbang bahkan melarikan diri dari bahaya, namun mereka mengembangkan mekanisme pertahanan yang menakjubkan. Ketika merasa terancam, mereka akan memuntahkan  cairan minyak berwarna jingga cerah yang bukan hanya berbau busuk, tetapi juga akan menempel dalam kurun waktu yang lama pada pemangsa. Hal ini yang membuat para predator enggan mendekati anak  fulmar.
4 Burung Dengan Sistem Pertahanan Terhebat di Dunia
Para fulmar memiliki bulu yang "kebal" untuk minyak tersebut, dan ini sangat penting karena anak fulmar bukan hanya meludahi para predator, tapi mereka juga meludahi setiap binatang yang mendekatinya, termasuk orangtuanya sendiri, oleh karena itu mereka hanya mulai mengakui orang tuanya ketika mereka telah berusia sekitar 3 minggu.

Eurasian Cuckoo

4 Burung Dengan Sistem Pertahanan Terhebat di Dunia
Burung yang satu ini terkenal dengan kenakalannya, hal ini dikarenakan Burung Eurasian Cuckoo sering menitipkan telur-telurnya disarang burung lain. Ketika telurnya sudah menetas, si kecil Eurasian Cuckoo akan menghacurkan telur burung pribumi yang ditumpanginya, oleh karena itu, dia sangat cepat berkembang karena tidak ada saingan. 

Sedangkan burung betina Cuckoo telah mengembangkan sebuah penyamaran yang sempurna untuk melindungi dirinya dari serangan predator. Dia akan menyamar seperti burung Hawk Sparrow yaitu predator yang memakan burung kecil lainnya. Dan penyamarannya ini terbukti berhasil menakut-nakuti dan mengusir predator yang ingin menyerangnya. 

Hoopoe

4 Burung Dengan Sistem Pertahanan Terhebat di Dunia
Hoopoe sangat mudah ditemukan di Asia, Afrika, Eropa dan beberapa waktu yang lalu terpilih sebagai burung nasional di Negara Israel. Hoopoe memiliki kelenjar khusus di dekat anusnya yang dapat menghasilkan zat berbau busuk. Zat tersebut kemudian digosokan pada seluruh bulu-bulunya, sehingga Hoopoe akan terlihat seperti daging busuk yang hidup oleh predator. Hanya sedikit predator yang tertarik untuk memburunya. Zat dari Hoopoe memiliki 2 fungsi yaitu sebagai pembasmi parasit dan sebagai agen anti bakteri yang melindunginya dari penyakit.

Menariknya, hoopoe dewasa memproduksi cairan ini hanya pada saat mengerami telur-telurnya, setelah anaknya meninggalkan sarang, Hoopoe pun berhenti memproduksi zat ini.

Sedangkan hoopoe kecil, mereka memiliki sistem pertahanannya sendiri, ketika merasa terancam, mereka akan menyemprotkan kotorannya tepat ke wajah para predator. Dan ini adalah teknik yang sangat efektif untuk mengusir predator yang datang mengunjunginya.

4 Burung Dengan Sistem Pertahanan Terhebat di Dunia Reviewed by Agus Wibowo on 2/11/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Agus Wibowo © 2015-2017 | Blogger Pontianak
Diberdayakan oleh Blogger.