Breaking News

recentposts
Teknologi

Tips Singkat Persiapan Sebelum Traveling

Persiapan Sebelum Traveling - Meskipun sekedar kebutuhan sekunder, namun traveling tetap menjadi salah satu kebutuhan yang harus terpenuhi dalam diri manusia. Menurut beberapa penelitian, salah satunya dari sebuah jurnal yang ditulis oleh Roger Dow, seorang presiden dan CEO dari asosiasi travel Amerika Serikat, yang berjudul “Travel Effect : A Call to Lead, a Means to Do So” menyebutkan setidaknya ada 6 manfaat dari traveling, yaitu, meredakan stress, menurunkan resiko terserang penyakit, membangun dan mempererat persaudaraan, pelajaran yang abadi, menambah wawasan, dan membangun jiwa kepemimpinan (Sumber : phinemo.com). 

Namun, sebelum melakukan sebuah perjalanan wisata, alangkah baiknya kita harus mempersiapkan segala sesuatunya. Bagi kamu yang memiliki karakter sebagai “Intuiter” mungkin mempersiapkan kebutuhan untuk traveling bukanlah hal yang menyenangkan. 

Tentu kalian akan lebih senang dengan mengadakan perjalanan wisata secara dadakan agar rasa berpetualangnya lebih “ngena”. 

Tips Persiapan yang Benar Sebelum Traveling
Tips Persiapan Sebelum Traveling (Sumber gambar : id.pinterest.com)
Tapi, tidak ada salahnya jika kamu mempersiapkan segalanya sebelum berpetualang, terlebih lagi jika pergi sendirian atau solo traveling. Hal ini untuk meminimalisir kejadian-kejadian yang tidak diinginkan ketika sedang traveling, misalnya, tidak adanya penginapan ditempat tujuan, bencana alam, dan lain sebagainya. 

Nah, berikut ini beberapa Tips Singkat Persiapan Sebelum Traveling yang dapat kalian ditiru agar dapat pergi dan pulang dengan selamat. 

Riset Tempat Tujuan 


Riset Tempat Tujuan (Sumber gambar : www.fodors.com)
Sebelum melakukan perjalanan, kamu wajib meriset tempat tujuan, hal ini untuk memastikan bahwa tempat tersebut benar-benar bisa dijadikan tujuan traveling. Selain itu, kamu juga harus memastikan, dari penginapan ada berapa tempat wisata yang dapat dikunjungi temasuk jarak dan waktu yang ditempuh, tempat makan/kuliner termasuk mengenai harga menunya (Halal Food untuk muslim), pusat oleh-oleh, dan transportasi apa saja yang dapat digunakan menuju tempat wisata. 

Menyusun Budget Perjalanan

Menyusun Budget Perjalanan (Sumber gambar : Gapyear.com)
Setelah kamu mendapatkan informasi lengkap dari tempat tujuan perjalanan wisata tersebut, hal yang harus dilakukan selanjutnya, yaitu, mempersiapkan dan merinci biaya perjalanan. Beberapa hal penting yang harus ada dalam perincian dana diantaranya adalah biaya penginapan, makan dan minum (sarapan, makan siang dan malam), biaya transportasi (biaya perjalanan pulang-pergi dan akomodasi selama ditempat wisata), obat-obatan, dan biaya darurat. 

Bawalah uang cash secukupnya untuk menghindari tindak kejahatan, jangan lupa cari juga hal-hal yang berbau “promo” atau “diskon”, seperti cari tiket kereta api promo atau tempat penginapan yang sedang mengadakan diskon untuk menekan biaya perjalanan. Salah satu platform ecommerce yang sering mengadakan promo yaitu Tokopedia, bukan hanya tempat untuk jual beli barang elektronik dan rumah tangga saja, namun kita juga bisa beli tiket konser di tokopedia, sering-seringlah mengeceknya. 


Persiapkan Dokumen Perjalanan 

Tips Singkat Persiapan Sebelum Traveling
Persiapkan Dokumen Perjalan (Sumber gambar : id.pinterest.com
Salah satu hal terpenting sebelum melakukan perjalanan yaitu mempersiapkan dokumen pribadi, seperti KTP, SIM, Paspor dan visa perjalanan (untuk perjalanan luar negeri), buku nikah (untuk yang sudah menikah agar tidak digrebek warga), buku panduan perjalanan, dan kelengkapan wisata lainnya. 

Jangan lupa juga untuk membuat list barang apa saja yang akan dibawa, buatlah serinci mungkin, karena akan banyak hal yang terjadi diluar dugaan saat kamu melakukan traveling

Petakan Tempat-Tempat Penting Untuk Keadaan Darurat

Tips Singkat Persiapan Sebelum Traveling
Tempat-Tempat Penting Untuk Keadaan Darurat (Sumber gambar : google.co.id
Kejadian buruk bukanlah hal yang kita inginkan terjadi saat melakukan traveling, namun segala sesuatunya dapat terjadi, misalnya kerampokan dijalan, bencana alam, kecelakaan mendadak dan masih banyak lagi. Nah, dari kejadian diatas kita dapat menyimpulkan bahwa betapa pentingnya memetakan tempat-tempat penting untuk keadaan darurat, seperti Rumah Sakit, Kantor Polisi dan juga jalur evakuasi. Karena ada pepatah yang mengatakan “lebih baik mencegah daripada mengobati”. 


Traveling sejatinya untuk merefresh jiwa dan raga dari penatnya aktivitas sehari-hari. Jangan sampai kita malah disibukan dengan hal-hal tidak penting yang terjadi ditempat tujuan wisata. Oleh karenanya sangat penting untuk membuat persiapan sebelum melakukan traveling. 

Nah, demikian artikel tentang Tips Singkat Persiapan Sebelum Traveling. Semoga Bermanfaat,
Tips Singkat Persiapan Sebelum Traveling Reviewed by Agus Wibowo on 10/28/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Agus Wibowo © 2015-2017 | Blogger Pontianak
Diberdayakan oleh Blogger.