Breaking News

recentposts
Teknologi

Aplikasi Rental Motor Pontianak, Sewa Motor dengan Sekali Sentuhan

Kota Pontianak merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia yang mempunyai kesibukan cukup padat. Selain sebagai tujuan bisnis para investor, kota ini juga menjadi salah satu daerah yang memiliki tujuan objek wisata menarik untuk dikunjungi. Karena banyaknya tempat berekreasi di Kota Pontianak yang menjadi favorit bagi para pelancong, tidak heran jika kota ini cukup pesat sekali perkembangannya, terutama dalam pembangunan tempat penginapan. Untuk kota Pontianak sendiri ada sekitar 20-an lebih hotel yang sudah berdiri dan beroperasi, belum lagi ditambah oleh motel dan wisma yang jumlahnya tidak terhitung. 

Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Pontianak pada tahun 2014 ada sekitar 32.233 wisatawan yang mengunjungi Kota Pontianak. Dengan jumlah pengunjung yang sangat tinggi tersebut, sebagian besar pelancong adalah solo traveler atau pebisnis yang berangkat seorang diri. 
Aplikasi Rental Motor Pontianak, Sewa Motor dengan Sekali Sentuhan
Rental Motor Pontianak (Sumber gambar : otomotif.kompas.com)
Nah, untuk mengunjungi tempat-tempat menarik di Kota Pontianak, mereka membutuhkan sarana transportasi yang fleksibel, mudah dan praktis untuk digunakan. Mengingat saat ini wabah kemacetan sudah menghinggapi Kota Pontianak. Jadi, mereka lebih memilih kendaraan yang dapat menerobos kemacetan kota namun juga tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk biaya sewa. 

Kendaraan roda dua adalah jawaban dari permasalahan diatas, selain biaya sewanya rendah, motor juga bisa diajak untuk bermanuver melahap semua medan perkotaan. 

Namun, sayangnya saat ini belum ada sebuah platform yang memudahkan wisatawan dari luar kota untuk melakukan pemesanan, pengecekan ketersedian unit, dan juga untuk mengetahui harga sewa. 

Berdasarkan penjabaran masalah diatas, maka saya memiliki ide untuk membuat sebuah aplikasi guna memudahkan para wisatawan dari luar kota dalam mencari transportasi untuk menelusuri tempat-tempat menarik di Kota Pontianak hanya dengan sekali sentuhan. 

Aplikasi ini saya namakan Rental Motor Pontianak, dimana pada aplikasi ini nantinya akan memberikan informasi mengenai ketersedian motor rental, harga sewa, daftar tempat-tempat menarik di Kota Pontianak dan juga rute-nya. 

Untuk penjelasan lebih lengkapnya, simak perhitungan Rental Motor Pontianak dibawah ini : 

 Modal Awal : 
  1. 3 unit motor matic 
  2. 3 alat GPS, untuk mengontrol keberadaan unit saat sedang disewa guna meminalisir tidak kriminal
  3. 1 karyawan untuk mengantar/jemput motor rental (Mengajak anggota keluarga untuk menghemat budget)
  4. Membuat aplikasi 
Informasi Aplikasi : 
  1. Memuat informasi ketersedian unit motor rental 
  2. Memuat harga sewa, ada juga paket perminggu atau perbulan yang lebih murah 
  3. Memuat daftar tempat-tempat menarik di Kota Pontianak beserta rute-nya 
Rincian Keuntungan : 

Harga sewa Motor perhari untuk Kota Pontianak sekitar Rp.75.000,- 
Biaya perawatan unit = Rp.100.000,-/motor 
Omzet 3 Motor perbulan = Rp.75.000 x 3 unit motor x 30 hari - Rp.300.000 = Rp.6.450.00,- 
Keuntungan bersih : Rp.6.450.00,-/bulan 

Dalam waktu 3 bulan, modal sudah kembali dan dapat menambah unit baru dengan cara kredit. 

Ada satu hal yang perlu diketahui, bahwa peluang Rental Motor tidak akan ada matinya, hal ini dikarenakan jumlah wisatawan setiap tahunnya kian meningkat. Selain itu, penyewa motor tidak hanya dari wisatawan saja, namun juga dari warga Pontianak yang baru pulang dari rantau pada hari raya, untuk mengunjungi sanak famili, mereka pasti akan membutuhkan kendaraan yang mudah didapat dan juga hemat dikantong. Oleh karena itu, peluang bisnis rental motor di Kota Pontianak masih sangat terbuka luas.

Nah, itu dia ide bisnis dari saya, jika teman-teman memiliki ide yang lebih menarik dan berpotensi mendatangkan keuntungkan, yuk ikutan kompetisi yang diadakan oleh IWIC. Siapa tahu kalian sebagai pemenangnya.

Sekilas Tentang IWIC

Aplikasi Rental Motor Pontianak, Sewa Motor dengan Sekali Sentuhan
Indosat Ooredoo Wireless Innovation Contest (Sumber gambar : iwic.indosatooredoo.com)
IWIC atau Indosat Ooredoo Wireless Innovation Contest merupakan kompetisi aplikasi mobile pertama di Indonesia yang diadakan oleh Indosat Ooredoo sejak 2006, dan tahun ini adalah IWIC yang ke-11.

Ajang kompetisi aplikasi mobile bergengsi ini bertujuan untuk menumbuhkan dan menemukan minat & bakat baru generasi muda didunia digital, sekaligus untuk memenuhi talenta digital Indonesia yang seiring berjalannya waktu selalu dituntut untuk kreatif dan inovatif.

Namun, perlu diingat bahwa kompetisi IWIC ini tidak hanya untuk developer/pengembang pembuat aplikasi saja, kalian yang hanya memiliki ide inovasi juga bisa menjadi para peserta. Jadi jangan takut ataupun minder untuk berkompetisi di IWIC ke-11 ini.

Jangan lupa submit ide kalian disini http://bit.ly/iwic11 atau ke sini http://iwic.indosatooredoo.com ya? Selamat berkompetisi. Semoga menang.

Aplikasi Rental Motor Pontianak, Sewa Motor dengan Sekali Sentuhan Reviewed by Agus Wibowo on 11/08/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Agus Wibowo © 2015-2017 | Blogger Pontianak
Diberdayakan oleh Blogger.