Breaking News

recentposts
Teknologi

Setrum Pencuri Kendaraan Lewat Aplikasi Anti Maling

Kemajuan teknologi mendorong pola hidup masyarakat untuk semakin praktis, cepat, tepat dan efisien. Hal tersebut juga dirasakan dalam bidang transportasi, kecanggihan alat transportasi ini juga mengalami peningkatan tidak hanya pada kendaraan roda empat saja, tapi kendaraan roda dua juga mendapatkan peningkatan dalam hal fitur keamanan. 

Namun, ada yang perlu diingat, bahwa perkembangan teknologi keamanan ini tidak hanya menjadi perhatian masyarakat saja, tapi juga bagi para pelaku kejahatan. Hal ini terbukti, berdasarkan data yang dihimpun oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Nasional, menyebutkan bahwa pada tahun 2015 ada sekitar 352.936 tindak pidana yang terjadi diseluruh Indonesia dan terus meningkat setiap tahunnya. 

Salah satu tindak kriminal yang masih kerap terjadi hingga hari adalah pencurian kendaraan bermotor, hal ini dikarenakan sistem keamanan bawaan pabrik dinilai kurang efektif, dan sistem keamanan yang masih digunakan hingga hari ini hanyalah sistem keamanan dengan kunci ganda. Meskipun sebagian perusahaan sudah menambah beberapa fitur keamanan, namun hal tersebut tidak cukup untuk melindungi kendaraan itu sendiri. 

Indosat Ooredoo Wireless Innovation Contest
Nah, guna mengatasi masalah tersebut, saya memiliki ide untuk membuat suatu sistem keamanan dengan memasang sebuah alat pada kendaraan, kemudian alat tersebut dapat diatur melalui sebuah aplikasi yang sudah terinstal didalam smartphone, baik yang bersistem operasi android ataupun iOs. 

Ketika kendaraan sedang dalam “bahaya”, maka alat tersebut akan secara otomatis mengeluarkan suara yang sangat keras serta akan mengirimkan pesan pemberitahuan kepada pemiliknya. Tidak hanya berhenti sampai disitu saja, ketika alarm tersebut dapat dibobol oleh penjahat, maka alat yang terpasang pada kendaraan itu akan memberitahukan dimana posisi dari kendaraannya yang dicuri tersebut. 

Selain itu, sang pemilik kendaraan juga dapat mengaktifkan “mode maling” melalui smartphonenya, dimana ketika mode ini diaktifkan, maka secara otomatis alat keamanan yang terpasang pada kendaraan tersebut dapat mengeluarkan sengatan listrik yang cukup untuk melumpuhkan seorang pria dewasa. Dengan demikian, dijamin para pelaku kriminal akan berfikir puluhan kali ketika akan melakukan tindak pencurian pada sebuah kendaraan yang telah terpasang alat ini. 

Kelebihan yang dimiliki oleh sistem keamanan ini yaitu, kendaraan yang kita miliki dapat dimonitor dan dikontrol hanya dengan menggunakan sebuah aplikasi yang sudah terinstal pada smartphone yang terhubung dengan mikrokontroler pada kendaraan.

Nah, itulah ide dari saya untuk mengatasi tindak kejahatan yang kian hari semakin marak terjadi. Ide ini juga saya ikut sertakan dalam ajang lomba ide aplikasi dan startup digital yang diadakan oleh IWIC.

Apa itu IWIC 

Setrum Pencuri Kendaraan Lewat Aplikasi Anti Maling
Indosat Ooredoo Wireless Innovation Contest (Sumber gambar : iwic.indosatooredoo.com)
IWIC yang merupakan kependekan dari Indosat Ooredoo Wireless Innovation Contest adalah kompetisi ide aplikasi mobile (apps) dan startup digital yang diadakan oleh Indosat Ooredoo sejak 2006, dan tahun ini adalah IWIC yang ke-11.

Tujuan utama dari diadakannya kegiatan ini yaitu untuk memotivasi masyarakat Indonesia dari segala lapisan dan usia untuk menjadi kreatif dan tidak hanya bertindak sebagai pengguna/konsumen saja, namun juga mampu menciptakan produk-produk digital dan startup.

Dimana, produk-produk digital dan startup ini bisa berguna bagi banyak orang, dengan cara menyelesaikan masalah sehari-hari, meningkatkan dan memperkaya kualitas hidup masyarakat, serta bisa bersaing dengan produk digital dunia global.

Jika teman-teman punya ide yang menarik dan berpotensi mendatangkan keuntungan? Buruan submit ide kalian di disini http://bit.ly/iwic11 atau bisa juga ke sini http://iwic.indosatooredoo.com, selain ide tersebut berpotensi akan terealisasi, kalian juga bisa mendapatkan hadiah puluhan juta rupiah lho. Sampai jumpa dimedan kompetisi. 
Setrum Pencuri Kendaraan Lewat Aplikasi Anti Maling Reviewed by Agus Wibowo on 11/13/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Agus Wibowo © 2015-2017 | Blogger Pontianak
Diberdayakan oleh Blogger.