Breaking News

recentposts
Teknologi

Cara Mudah Lawan Berita Hoax Pakai Otak

Hoax adalah informasi yang sesungguhnya tidak benar, tetapi dibuat seolah-olah benar adanya. (id.wikipedia.org) 

Teknologi informasi mengalami perkembangan yang pesat beberapa dekade terakhir, bukan hanya sekedar kebutuhan semata namun kini sudah menjadi budaya baru untuk masyarakat modern. 

Jika dulu orang menyebarkan informasi hanya dari mulut ke mulut saja, kini semua orang sudah dapat berbagi segala hal hanya dengan menggunakan jari-jemari tangan. 
Cara Mudah Lawan Berita Hoax Pakai Otak (Sumber gambar : @blogsteguh)
Sayangnya kemajuan teknologi ini tidak dibarengi dengan sikap yang bijak, sehingga kemudahan dalam berbagi informasi sering disalahgunakan atau dianggap menjadi hal yang menakutkan atau mengancam eksistensi seseorang. 

Salah satu contoh penyalahgunaan kemudahan dalam berbagi informasi yaitu menyebarkan berita tidak benar untuk tujuan tertentu, mulai dari untuk popularitas hingga menyerang suatu golongan. 

Penyebaran berita bohong atau yang sering disebut hoax merupakan cara paling efektif untuk mendongkrak atau menghacurkan seseorang ataupun suatu golongan. 

Namun ada yang perlu diperhatikan sebelum menghukumi sebuah berita termasuk hoax atau tidak, karena tidak mudah untuk mendeteksinya.

Cara Mudah Lawan Berita Hoax Pakai Otak
Cara Mudah Lawan Berita Hoax Pakai Otak 
Nah, beberapa waktu yang lalu Jurnalis Perempuan Khatulistiwa yang bekerjasama dengan Mafindo,  Safenet dan juga Telkomsel mengadakan seminar Digital Security & Coaching Clinic dengan tema Melindungi Diri di Dunia Digital. Dimana dalam kegiatan tersebut peserta diajak untuk memahami pentingnya menjaga data diri dan cara menanggapi berita-berita hoax yang beredar. 

Cara termudah untuk melawan berita hoax terbaru yang datang ialah dengan memaksimalkan sedikit kinerja otak untuk berfikir jernih dan tidak langsung merespon dengan tergesa-gesa. 

Biasakan memverifikasi kebenaran setiap ada berita baru, cobalah bandingkan dari sumber yang lainnya. Hal ini mempermudah kita untuk membedakan berita tersebut apakah hoax atau bukan. 

Selain itu, kita juga harus jeli terhadap setiap kata yang digunakan didalam berita tersebut, karena bukan hanya berita hoax saja yang bisa membuat orang saling bertikai, namun berita yang benar juga dapat berakibat sama, hal ini dikarenakan dari kegagalan kita dalam memahami isi berita tersebut.
Bedakan antara Pernyataan dan Kenyataan, Faktanya dan Katanya.

Nah, itulah Cara Mudah Lawan Berita Hoax Pakai Otak. Semoga Bermanfaat.
Cara Mudah Lawan Berita Hoax Pakai Otak Reviewed by Agus Wibowo on 2/28/2018 Rating: 5

4 komentar:

  1. Ealah, hoax emg sudah meboudak ya mas, selain membikin gaduh, sepertinya hoax ini penipuan berbasis informasi. Memang harus membentengi diri masing-masing dari hoax ini. #DuniaFaisol

    BalasHapus
  2. betul... kalo cuma pake nafsu alias gak pake otak, hoax jadi lebih cepat menyebar

    BalasHapus
  3. Sepakat banget.... Haox akan mudah diberantas jika semua orang mau sedikit menggunakan otak

    BalasHapus
  4. Memberantas HOAX seyogyanya dimulai dari diri sendiri

    BalasHapus

Agus Wibowo © 2015-2017 | Blogger Pontianak
Diberdayakan oleh Blogger.