Breaking News

recentposts
Teknologi

12 Resep Bubur untuk Bayi Usia 6 Bulan

ASI merupakan nutrisi yang baik untuk bayi yang diberikan oleh si ibu kepada anaknya sejak mereka baru lahir hingga usia 2 tahun. Akan tetapi pada usia 6 bulan, bayi memerlukan makanan pendamping atau makanan tambahan agar nutrisinya semakin tercukupi. Dalam hal ini, pendamping ASI disebut MPASI yang diberikan karena proses pencernaan bayi yang sudah mulai sempurna. 

Bubur untuk Bayi Usia 6 Bulan
Bubur untuk Bayi Usia 6 Bulan (Sumber gambar : www.momjunction.com)
Selain menambah nutrisi untuk bayi, hal ini berfungsi agar bayi bisa mengenal makanan selain ASI. Pertama adalah memberikan makanan yang halus sesuai kemampuan bayi untuk mencernanya. Sebaiknya makanan untuk bayi merupakan buatan sendiri untuk menjaga nutrisi dan kualitas bahan yang digunakan. Berikut adalah bubur bayi 6 bulan

Buah pisang


Pisang adalah buah yang mengandung nutrisi yang sangat tinggi untuk bayi. Selain itu juga, hampir semua orang menyukainya baik dan gampang untuk dicerna oleh perut. Nutrisi yang terkandung pada buah pisang antara lain vitamin A, fosfor, asam folat dan kalsium. 

Wortel


Sejak dulu banyak yang merekomendasikan ini untuk proses pengenalan makanan pada bayi. Kandungan yang ada pada sayur ini ada sumber vitamin A dan mineral yang tinggi. 

Buah pepaya


Buah pepaya begitu banyak mengandung enzim papain untuk membantu melancarkan proses pencernaan. Selain itu pepaya banyak mengandung nutrisi seperti zat besi dan asam folat untuk membantu proses perkembangan otak. Begitu juga kandungan kalsium dan zink yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan pada tulang. 

Buah alpukat


Buah alpukat mengandung vitamin A & C, kalsium, dan magnesium. Nutrisi dalam buah alpukat dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan kemampuan motorik bagi bayi. 

Buah pir


Bayi disarankan untuk mengkonsumsi gula dan garam agar bisa bisa merasakan rasa alami. Nah hal tersebut bisa didapat dari buah pir. Buah pir memiliki kandungan cukup manis yang mana tidak perlu tambahan gula. 

Bubur Susu


Bubur ini dapat dibuat sendiri dengan bahan tepung beras merah dan tambahan susu. Tepung beras merah mengandung lebih banyak nutrisi dibandingan bila kamu membuat bubur susu berbahan dasar beras putih. 

Ubi Jalar


Ubi jalar merupakan makanan sehat yang banyak mengandung kalsium, zat besi serta vitamin A, E, dan C untuk membatu proses pertumbuhan. 

Kacang Panjang


Kacang panjang memiliki serat dan vitamin B, Untuk lebih memudahkan bayi untuk mencernanya buatlah bubur dengan bahan dasar kacang dan tambahan susu. 

Kentang


Tujuan dari mengenalkan kentang agar untuk memperkenalkan rasa gurih. Kentang akan lebih enak dengan menambahkan susu. 

Jagung Sayuran


Haluskan jagung menggunakan blender. Untuk menambah nafsu makan bayi dan terasa manis bisa menambahkan saus dengan cara merebus wortel dan tomat kemudian dihaluskan. 

Kacang Hijau


Kacang hijau sangat baik diberikan pada bayi usia 6 bulan yang banyak mengandung. Bubur ini dapat dibuat dengan merebusnya sampai kelihatan empuk dan lembut atau bisa disaring agar mendapat tekstur yang lembut untuk mempermudah bayi melahapnya. Kacang hijau kaya akan protein, serat dan dapat meningkatkan metabolisme tubuh. 

Oatmeal


Makanan ini dapat dibuat dengan cara menghaluskannya menggunakan blender dan saring supaya halus. Lalu tambahkan air hangat secukupnya dan aduk sampai mengental. Perlu diperhatikan jangan menggunakan oatmel instan yang beredar di pasaran tetapi gunakanlah rolled atau yang steel cut oats. 

Nah, itulah keduabelas bubur yang bisa ibu buat untuk bayi usia 6 bulan. Semoga bermanfaat.
12 Resep Bubur untuk Bayi Usia 6 Bulan Reviewed by Agus Wibowo on 5/09/2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Agus Wibowo © 2015-2017 | Blogger Pontianak
Diberdayakan oleh Blogger.