Breaking News

recentposts
Teknologi

Cara Mudah Bayar Tagihan PDAM Via Traveloka

Cara Mudah Bayar Tagihan PDAM Via Traveloka - Kita tentu sudah tidak asing lagi dengan program layanan air bersih yang disediakan oleh pemerintah, terutama untuk penduduk perkotaan, perusahaan ini bernama PDAM yaitu kependekan dari Perusahaan Daerah Air Minum. Dimana, perusahaan ini secara khusus menjadi unit usaha milik daerah yang bertugas menjalankan distribusi air bersih bagi masyarakat umum. 

Hingga saat ini, Indonesia tercatat memiliki 391 PDAM yang beroperasi di hampir 33 provinsi. Pemerintah telah membuat target untuk mencapai PDAM yang sehat hingga 100% pada tahun 2019 mendatang. PDAM seluruh Indonesia berpusat di PAM Jaya yang beroperasi di Jalan Penjernihan II – Pejompongan, Jakarta Pusat. 
Cara Mudah Bayar Tagihan PDAM Via Traveloka
Cara Mudah Bayar Tagihan PDAM Via Traveloka (Sumber gambar : pixabay.com)
Seperti yang kita ketahui air merupakan kebutuhan setiap umat manusia, terutama untuk masyarakat Indonesia, yang hampir aktivitas kesehariaannya tidak terlepas dari air. Namun, sayangnya banyak dari kita terkadang kurang mengontrol penggunaan air bahkan sering over load, hal inilah yang bisa membuat tagihan membayar Air PDAM membengkak setiap bulannya. 

Ada satu hal yang perlu anda ketahui bahwa besar kecilnya tagihan PDAM tersebut dipengaruhi juga dengan golongan pelanggan. PDAM memberlakukan ada 55 golongan pelanggan untuk menentukan tarif pemakaian air. 

Besaran tarif pemakaian air ini bersifat progresif yang artinya bertambah mengikuti jumlah penggunaan (dalam satuan meter kubik). Tarif air minum saat ini berada dalam kisaran Rp1.050 – Rp14.650 per meter kubik. 
Cara Mudah Bayar Tagihan PDAM Via Traveloka
Cara Mudah Bayar Tagihan PDAM Via Traveloka (Sumber gambar : dok. pribadi)
Nah, saat ini kita sudah tidak perlu susah payah lagi untuk mengecek jumlah tagihan PDAM, karna seiring berkembangan teknologi, maka pengecekan penggunaan PDAM juga sudah bisa kita akses hanya dengan satu tangan saja tanpa perlu datang langsung ke kantor PDAM-nya. 

Salah satu situs yang menyediakan layanan pengecekan tagihan PDAM adalah Traveloka. Berikut cara mudah cek tagihan PDAM via Traveloka
  1. Kunjungi situs Traveloka.com dan langsung arahkan kursor ke menu “Bill Payment” atau “Bayar Tagihan” yang terletak di bagian kanan atas, tepat di bawah nama akun Traveloka Anda. Sebelum menggunakan layanan ini, pastikan Anda sudah menjadi member Traveloka dan sudah masuk ke akun Anda. 
  2. Masukkan nomor pelanggan PDAM Anda pada kotak yang tersedia. Pilih juga penyedia layanan air bersih sesuai dengan pilihan pada menu yang muncul. 
  3. Setelah memasukkan nomor pelanggan dan memilih perusahaan penyedia, klik “Buy Now” atau “Beli Sekarang”. Layar komputer kemudian akan menampilkan detail tagihan air minum Anda. Periksa nama pelanggan, nomor pelanggan, dan besaran tagihan. 

Fitur ini juga bisa dinikmati melalui Traveloka App versi terbaru. Cara penggunaannya pun sama dengan versi desktop. Menu pilihan pembayaran tagihan PDAM versi Traveloka App ada di bagian bawah nama akun TravelokaPay Anda. Nah, setelah kita mengetahui jumlah besaran tagihan PDAM, langkah selanjutnya adalah melakukan pembayaran. 

Masih disitus/app yang sama yaitu Traveloka, kita juga bisa langsung melakukan pembayaran. Dari laman konfirmasi perincian tagihan, kita bisa langsung mengklik “Continue” atau “Lanjutkan”. Setelah itu situs web Traveloka atau Traveloka App akan secara otomatis mengarahkan ke laman pembayaran. Saat ini, Traveloka menyediakan delapan cara pembayaran tagihan PDAM. Ini dia daftarnya: 
  1. Via UANGKU
  2. Via Transfer Bank
  3. Via ATM 
  4. Via BCA KlikPay
  5. Via kartu kredit
  6. Via Alfamart 
Pilih metode pembayaran yang sesuai dengan yang kita inginkan, kemudian langsung proses pembayaran dalam kurun waktu yang telah ditentukan oleh Traveloka. Jika pembayaran sudah selesai, tunggu hingga Traveloka memverifikasi pembayaran dan mengirimkan notifikasi transaksi berhasil ke akun Traveloka. Saat ini, pembayaran tagihan PDAM melalui Traveloka akan dikenakan biaya admin sebesar Rp2.500 per transaksi. Pembayaran ini tidak tersedia pada periode jam 23:00 – 00:59.

Kenapa harus bayar tagihan PDAM di Traveloka? Alasannya yaitu banyak promo, situs dan Applikasi yang user friendly, pesannya mudah dan cepat, dan metode pembayaran yang beragam. Nah, Tunggu apalagi, yuk buruan cek situs/app Traveloka mumpung lagi banyak promo lho. 

Itulah dia Cara Mudah Bayar Tagihan PDAM Via Traveloka. Semoga bermanfaat.
Cara Mudah Bayar Tagihan PDAM Via Traveloka Reviewed by Agus Wibowo on 8/28/2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Agus Wibowo © 2015-2017 | Blogger Pontianak
Diberdayakan oleh Blogger.