Breaking News

recentposts
Teknologi

Amalan Pelebur Dosa (BUYA YAHYA)

DOSA, siapa manusia ciptaan ALLAH SWT yang tidak pernah berdosa atau melakukan kesalahan (terkecuali Nabi dan Rasulnya), jawabannya adalah semua orang pernah melakukan dosa, baik dosa kecil maupun dosa besar. Dosa memberatkan kita di alam barzah, dosa memberatkan kita dipadang masyar, dan dosa memberatkan kita di neraka jahanam.

Sejenak kita berdosa dengan mata kita, mulut kita, telinga kita, dan kita lebih sering berdosa dengan hati kita. Iri, dengki, dan berprasangka buruk terlampau sering kita lakukan.

Betapa hinanya kita apabila nantinya kita menghadap ALLAH SWT dengan keadaan dipenuhi oleh dosa-dosa, naudzubillah.

Ada beberapa cara untuk menghapus dosa-dosa kita, salah satunya adalah TOBAT. Disebutkan dalam Al-Qur’an “Jika ada sesorang yang melakukan kebaikan, maka kebaikan itu menghapus dosa-dosanya”. Namun ada syaratnya tobat akan diterima, yaitu hanya berlaku untuk orang yang benar-benar takut akan dosa dan menyesalinya.

Dosa dibagi menjadi dua macam, ada dosa besar dan dosa kecil. Dosa kecil akan menjadi besar ketika sombongnya orang yang berdosa, namun dosa yang besar akan diampuni oleh ALLAH SWT apabila orang yang berdosa tersebut bertobat dan menyesali tidak akan mengulangi lagi, bertobat dengan sungguh-sungguh, takut akan kemurkaan ALLAH SWT, maka insyaallah dosa tersebut akan diampuni oleh ALLAH SWT.

Dikatakan oleh Imam Hadad, bahwa “sebelum kita menuju bertemu ALLAH SWT, wilayah yang pertama kita jamah adalah tobat, tobat yang diiringi rasa penyesalan”.

Setelah tobat, langkah keduanya adalah menjalankan amal baik : shalat, zakat, puasa, maupun umrah. Itu saja belum cukup, maka hadirkan penyesalan dalam setiap amal baik : shalat, puasa, dan umrah sebabnya adalah memohon ampun kepada ALLAH SWT atas dosa-dosa yang telah kita perbuat. Niscaya ALLAH SWT akan mengampuni dosa-dosa kita. Hadirkan penyesalan dalam setiap amal baik, maka kita akan mendapatkan nilai pahala yang besar dan nilai ampunan dari ALLAH SWT.

Mari kita bersama-sama meningkatkan amal baik, mari kita hadirkan penyesalan dalam setiap sujud kita, puasa kita ataupun umrah kita, semoga ALLAH SWT menjadikan kita semua ahli surga. Amin.  

(Note : Bukan 100% teks asli Buya Yahya)


Amalan Pelebur Dosa (BUYA YAHYA) Reviewed by Agus Wibowo on 12/26/2015 Rating: 5

2 komentar:

Agus Wibowo © 2015-2017 | Blogger Pontianak
Diberdayakan oleh Blogger.