Breaking News

recentposts
Teknologi

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan. 55 tahun sudah Pertamina mengukir sejarah dalam sektor hulu minyak dan gas bumi sejak tanggal 10 Desember tahun 1957. Salah satu perusahaan milik negara ini sangat percaya diri untuk membuat sebuah komitmen dalam menjalankan pergerakan bisnisnya dari hulu hingga hilir secara profesional, termasuk penguasaan teknis didalam internal perusahaannya sendiri mulai dari perangkat tertinggi hingga yang terendah. Kekuasaan Pertamina ada pada bidang energi, yaitu gas, bahan bakar minyak, energi baru dan terbarukan. Sedangkan sektor hulunya ada dibeberapa wilayah Indonesia dan juga luar negeri, diantaranya adalah pada bidang-bidang ekplorasi, ekploitasi, produksi dan transmisi gas dan minyak.
Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan
Dan untuk sektor hilir pada perusahaan ini juga memiliki pengolahan minyak mentah, pemasaran serta niaga produk gas, minyak dan petrokimia, dan bisnis perkapalan yang berhubungan dengan penyaluran produk sebuah perusahaan.

Pada tahun 2001 Pertamina merupakan sebuah perusahaan yang membuat monopoli dalam pembuatan SPBU diseluruh bumi pertiwi. Selain itu, perusahaan ini juga menjalankan 7 kilang minyak dengan kapasitas sebesar 1.051,7 juta ton/tahun, sebelum dihapus kewenangan ini oleh pemerintah.

Sebelumnya Pertamina memiliki nama Perusahaan Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Negara (PPMGBN) yang secara khusus didirikan untuk mengelola  penambangan gas bumi dan minyak di Indonesia.

Perusahaan ini sebagai salah satu lokomotif penggerak perekonomian Indonesia dan sekaligus perusahaan milik BUMN yang mampu menjalankan bisnis berdasarkan pada prinsip-prinsip tata kelola koorporasi yang apik sehingga memiliki daya saing tinggi di jaman ini.

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan merupakan salah satu bentuk komitmen yang dibuat oleh PERTAMINA untuk menunjukan upaya perbaikan maupun inovasi yang sesuai permintaan kondisi dan situasi global saat ini yang secara tidak langsung maupun langsung memaksa untuk memiliki peran strategis dalam perekonomian bangsa. Tuntutan Global, menjadikan perusahaan ini terus membuat sebuah trobosan alternatif terbaru dalam menyediakan sebuah sumber energi yang jauh lebih efisien serta berkelanjutan dan berwawasan lingkungan. Oleh karena itu, komitmen ini dibuat sebagai salah satu penyemangat dalam mencapai semua tujuan itu.

Perusahaan Energi Nasional yang menjadi taraf Kelas Dunia merupakan salah satu visi dari Pertamina yang selalu mendorong untuk terus maju dengan sejuta inisiatif dan inovasi dalam memanfaatkan sumber daya alam Indonesia serta potensi yang ada untuk mendapatkan sebuah sumber energi baru serta terbarukan, dilain sisi tetap menjalankan bisnis utamanya saat ini.

Pertamina berkomitmen dan selalu berorientasi pada kepentingan pelanggan yang bertujuan agar dapat berperan dalam memberikan nilai tambah bagi kemajuan dan kesejahteraan bangsa Indonesia.

Dalam melancarkan aksinya Pertamina selalu menggunakan landasan perusahaan untuk mewujudkan visi dan misi perusahaan dengan menerapkan tata kelola perusahaan sesuai dengan standar praktik terbaik global, serta dengan membawa nilai-nilai perusahaan yang telah dimiliki dan dipahami oleh semua unsur perusahaan, yakni Confident, Competitive, Clean, Capable, Commercial dan Customer-focused.

Selaras dalam merealisasikan visi dan misinya juga Pertamina secara kontinyu melaksanakan program sosial dan lingkungan yang terprogram dan terstruktur, sebagai wujud kepedulian dan tanggung jawab perusahaan untuk semua orang yang berkepentingan.

“Aggressive in Upstream, Profitable in Downstream”, adalah Strategi jangka panjang yang diatur oleh Pertamina, untuk mendukung visi ini, perusahaan selalu berusaha untuk melakukan ekspansi bisnis ladang minyak dan gas hulu dan hilir agar bisnis menjadi lebih efektif dan menguntungkan.

Pertamina juga tengah mempelajari jasa teknologi pengeboran dan layanan bisnis, dan acara lainnya yang terdiri dari pengembangan energi panas bumi dan Coal Bed Methane (CBM) untuk mendukung aktifitas eksplorasi serta produksi. Dalam bisnis sumur minyak dan gas di dalam negeri dan luar negeri, Pertamina bergerak secara mandiri atau melalui beberapa pola kerjasama dengan mitra yaitu Kerjasama Operasi (KSO), Joint Operation Body (JOB), Kontrak Bantuan Teknis (TAC), Pertamina Indonesia berpartisipasi atau Participating Interest (IP / PPI), dan Badan operasi bersama (BOB).

Potensi cadangan gas metana Indonesia yang luas berhasil dikelola secara serius dan saat ini Pertamina telah memiliki 6 Production Sharing Contract (PSC) - CBM dengan langkah-langkah :
  • Dalam memperluas pasar guna pengembangan tingkat bisnis melalui optimalisasi bisnis yang ada, penguasaan sumber daya baru serta mengembangkan penguasaan atas pasar Gas, Power, dan NRE dengan mengamankan sisi penawaran, dan penciptaan.
  • Perluasan pasar baru untuk mempercepat Direktorat bisnis GEBT di sektor Gas, Power, dan NRE
  • Mengembangkan sumber daya dan bisnis baru sebagai mesin pertumbuhan baru
Aktivitas produksi dan eksplorasi panas bumi oleh Pertamina secara penuh dijalankan di dalam negeri dan dimaksudkan guna mendukung program pemerintah memberikan 10. 000 Mega Watt (MW) listrik tahap kedua. Selain Pertamina untuk mengembangkan CBM yang juga dikenal sebagai batubara gas metana (GMB) dalam rangka mendukung diversifikasi sumber energi dan peningkatan pasokan gas kepada Pemerintah nasional.

Visi dan Misi Pertamina

  • Visi  

Jadi Perusahaan Energi Nasional Kelas Dunia.

  • Misi

Menjalankan usaha minyak, gas, dan energi baru dan terbarukan secara terintegrasi, berdasarkan prinsip-prinsip komersial yang kuat.

Program fundamental dan bisnis merupakan 2 tema besar yang diprakarsai oleh PT Pertamina. Menyikapi perkembangan global, Pertamina mencoba perluasan sektor usaha minyak dan gas terhadap pengembangan energi baru dan terbarukan.

Seperti yang sudah diketahui bahwa beberapa produk-produk Pertamina tersebut diantaranya yaitu:
  • BBM (Bahan Bakar Minyak)
  • BBK (Bahan Bakar Khusus)
  • Bahan Bakar Subsidi
  • Non BBM
  • Gas
  • Petrokimia
  • Pelumas

BBM (Bahan Bakar Minyak)

Pertamina baru saja meluncurkan BBM tipe baru Pertalite. Salah satu produk BBM ramah lingkungan dari PERTAMINA yang terbaru dan terbarukan yaitu Pertalite, Pertalite adalah salah satu BBM berkualitas saat ini yang kita sudah bisa mendapatkannya dengan mudah di beberapa SPBU yang sudah tersebar hampir di 34 kota dan kabupaten diseluruh wilayah Indonesia.

Dengan kualitas di atas Premium, Pertalite memberikan lebih banyak pilihan pada konsumen yang ingin BBM berkualitas dengan harga BBM terjangkau.

Pilihan kualitas BBM terbaik lebih banyak dan menciptakan kesadaran masyarakat tentang kualitas BBM yang ramah lingkungan serta dampaknya pada kinerja mesin, semakin tinggi mesin baru memberikan umpan balik kinerja yang jauh lebih baik pada bensin beroktan yang lebih tinggi.

Masyarakat memilih oktan tinggi dengan Harga BBM terjangkau dikarenakan harganya yang agak sedikit mahal dibandingkan premium, sehingga menawarkan adanya perbedaan harga tidak terlalu jauh dengan harga premium yang membuat konsumsi Pertalite jadi pilihan masyarakat Indonesia. Ada beberapa keuntungan dari jenis Pertalite ini jika dibandingkan dengan BBM jenis Premium yaitu sebagai berikut :

  • Lebih Tahan (Durability) 

Sebagai bahan bakar kendaraan yang memenuhi kondisi dasar atau ketebalan daya tahan jangka panjang, adalah kategori Pertalite, 90 kadar oktan lebih sesuai dengan sebagian besar perbandingan kompresi kendaraan bermotor yang ada di Indonesia.

  • Lebih Irit (Fuel Economy) 

Perbandingan Air Fuel Ratio dengan konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi pada kinerja mesin maksimal dibuat lebih efisien untuk melintasi jarak jauh karena biaya operasi bahan bakar di Rp / Km akan lebih efisien.  Kemudian, kesesuaian Pertalite 90 oktan dengan perbandingan kompresi yang paling banyak kendaraan beroperasi sesuai dengan desainnya.

  • Kinerja Lebih Baik (Peformance)

Pertalite dan adiktif oktan yang terkandung sesuai dengan spesifikasi mesin yang menghasilkan performa mesin yang jauh lebih baik daripada ketika menggunakan oktan 88. Kesesuaian angka ini menghasilkan tarikan yang lebih ringan, kecepatanpun meningkat serta rendahnya tingginya emisi yang ebih bersih. Ini akan membuat kendaraan lebih lincah dalam bermanuver serta lebih ramah lingkungan.

BBK (Bahan Bakar Khusus)

Pertamina telah menyiapkan SPBU yang menjual semua BBK, terutama pertalite dan pertamax. penjualan bahan bakar khusus (BBK) yakni pertamax, pertalite, termasuk dexlite dan pertamina dex sepertinya menciptakan kesadaran pada publik akan kualitas produk dan ekonomi bahan bakar dari mesin kendaraan yang diperlukan sudah meningkat. Pertamina menegakkan SPBU ini khususnya dilihat dari sisi permintaan yang cukup sudah tinggi. Sedangkan keuntungan dari pengelolaan, juga mendapat manfaat dari yang lebih tinggi jika dibandingkan menjual premium. Konsumsi BBK yang saat ini pertalite per hari mengalami peningkatan yang signifikan. Pertamina yakin konsumsi baik BBK itu akan meningkatkan lebih maju.

Bahan Bakar Subsidi

Sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi), PT Pertamina (Persero) akan mengembangkan pasokan BBM ke wilayah-wilayah, Harga saat ini masih jauh lebih tinggi, untuk bahan bakar menyatukan harga di seluruh wilayah Indonesia dapat terwujud. Tapi ada banyak daerah yang menikmati resmi harga BBM sesuai dengan ketentuan Pemerintah.

Non BBM

bahan bakar Non-BBM bukan minyak terdiri dari : Pelumas (Lube Base Oil), aspal, pelarut (Solvent), Green Coke, Heavy Aromate, Slack Wax, Calcined Coke dan Sulphur. Kebanyakan pasokan listrik kita dikelola oleh PLN. Namun beberapa mencoba untuk memenuhi butuhan energi secara mandiri, baik itu individual atau kelompok cotohnya perusahaan. Untuk saat ini sangat banyak inovasi untuk dapat memenuhi energi sendiri.

Gas

Gas mempunyai kemampuan untuk mengalir dan berubah bentuk. Ini adalah fase gas ikatan molekul dalam sangat lemah pada suhu tertentu, titik uap biasanya zat. Pertamina menghasilkan Gas terdiri dari LPG (Liqueified Petroleum Gas), BBG (Bahan Bakar Gas), Musicool (substitute ramah lingkungan).

Varian produk dari Pertamina terbaru hadir untuk konsumen gas rumah tangga untuk kelas menengah ke atas. Bright Gas tersedia dalam ukuran :

  • Bright Gas 12 kg

Bright Gas tersedia dalam ukuran 12 Gas kg dengan kelebihan yang tidak dimiliki oleh produk lain Pertamina produk LPG lainnya. Produk terbaru dari Pertamina ini secara khusus diciptakan untuk konsumen gas rumah tangga untuk kelas ekonomi menengah ke atas.

Keseluruhan tabung Bright Gas telah dilengkapi dengan dual katup pengaman (Double Spindle Valve System) yang menjadikannya 2 x lebih aman atau aman dari kebocoran. Jadi ketika salah satu katupnya rusak, gas tersebut tidak akan langsung keluar dari tabung melainkan akan ditahan oleh katup pengaman yang lain. 

Sangat menarik, tabung Bright Gas diciptakan dengan dua pilihan warna, yaitu, ungu dan merah muda, sehingga keberadaannya akan meningkatkan suasana dapur Anda dan membuat kegiatan memasak lebih ceria dan menarik. Dan dalam memahami prosedur penggunaan dan mememasang Bright Gas juga tidak sulit, karena untuk seluruh Bright Gas ditiap tabungnya dilengkapi stiker dengan petunjuk penggunaan yang bisa membuat lebih mudah bagi konsumen untuk menggunakan produk ini.

  • Bright Gas 5, 5 kg

Bright Gas 5, 5 kg memiliki fungsi yang sama dan kegunaan dengan Gas 12 kg yang membedakan hanya dalam ukurannya saja. Varian kemasan baru dari merek produk LPG dari Bright Gas kini hadir dengan Pack dari 5, 5 kg yang jauh lebih praktis dan mudah dibawa kemana saja. Dengan berbagai manfaat, produk ini dilengkapi dengan tabung yang lebih aman dan lebih menjamin kualitas dan isi LPG didalam tabung.

Bright Gas 5, 5 kg memiliki berbagai kelebihan yaitu :
  1. Lebih Aman – Tabung Bright Gas 5, 5 Kg fitur Dual katup DSVS (Double Spindle Valve System) yang membuat 2 x lebih aman dalam pencegahan kebocoran di kepala tabung. Untuk memastikan kualitas dan ketepatan isi, Bright Gas 5, 5 kg juga dilengkapi dengan Hologram seal dengan fitur OCS (Optical Switches Color) yang telah mendapatkan hak paten dan tidak dapat dipalsukan. Selain itu, tabung Bright Gas 5, 5 Kg juga menggunakan safety Sticker ditabungnya, sehingga konsumen dapat lebih tersosialisasikan cara menginstal dan menggunakan tabung secara baik dan benar.
  2. Lebih Nyaman – Dengan berat hanya 12, 6 Kg, tabung Bright Gas 5, 5 Kg lumayan ringan untuk dibawa. Jadi untuk ibu-ibu yang menemukan kesulitan dalam menjinjing tabung gas untuk memasak tidak perlu gusar lagi. Selain itu, pihak Pertamina juga menyediakan Bright gas layan antar, sehingga pelanggan juga dapat memesan secara langsung Bright Gas 5, 5 Kg dengan pelayanan antar 500 000.
  3. Lebih Terjangkau – Harga yang jauh Lebih Terjangkau dengan harga jual isi ulang yang ditawarkan sebesar Rp 62. 000/tabung*) untuk daerah Kalimantan, dan Rp 57. 500/tabung*) untuk daerah Jawa & Bali. Hal inilah yang membuat Bright gas hemat daripada yang lainnya.

  • Bright Gas 220 Gram

Varian produk baru yang cocok, baik untuk mendukung semua kegiatan memasak baik di dalam atau di luar ruangan ini di ciptakan oleh Pertamina. kemasan Bright Gas hadir dengan Efisien 220 gram untuk memenuhi kebutuhan LPG industri dan rumah tangga.

LPG 3 Kg

Tekanan lpg di tabung jauh di bawah tekanan pecahnya tabung. Ketika tekanan gas di dalam tabung sangat berlebihan, tekanan ini dengan sendirinya akan seimbang dengan menggunakan dual katup pengaman.

Elpiji kemasan 3 Kg merupakan LPG Aman solusi dari PERTAMINA dalam melaksanakan program diversifikasi energi yang telah dirancang oleh pemerintah yaitu mengkonversi penggunaan minyak tanah menjadi Elpiji. LPG dibuat dalam kemasan tabung yang telah sesuai dengan standar, serta sudah diuji secara berkala.

Petrokimia

Pemerintah Indonesia optimis tahun 2016 akan dapat menjadi negara eksportir produk petrokimia. Sikap optimis ini dikarenakan beberapa perusahaan merencanakan diri untuk membangun pabrik petrokimia. Penguatan industri petrokimia nasional dari hulu teramat penting karena pertumbuhan konsumsi di hilir lebih tinggi. 

Seperti yang kita ketahui bahwa Pertamina berencana untuk membangun dua produk kilang petrokimia. Pertama, dengan Chandra Asri untuk membangun kilang polypropylene (bahan baku plastik) di Balongan, Jawa Barat. Yang terakhir ini, bersama-sama dengan tiga perusahaan multinasional, Pertamina akan membangun cracker kilang nafta. Berbagai produk petrokimia PERTAMINA, yakni : Propylene, Paraxylene, Benzene, Polytam dan Asam Tereftalat Murnis.

Pelumas

Memberikan kabar tentang berbagai produk pelumas dari PERTAMINA serta berdasarkan kegunaannya, diantaranya yaitu : Automatic Transmission & Manual Transmission Oils, Air Cooled Motorcycle or Small Engine Oil, Circulating Oils, Grease, Heat Transfer Oils, Industrial and Marine Engine Oils, Industrial Compressor Oils, Industri Pelumas Hidrolik, Heavy Duty Diesel Engine Oils, Industri Pelumas Turbin, Industri Pelumas Gear, Pelumas Mesin Gas Alam, Pelumas Diesel Mobil Penumpang, Pelumas Powershift & Hydraulic Untuk Alat Berat, Pelumas Pendingin, Pelumas Mesin Mobil Penumpang, Produk Khusus dan Pelumas Mesin Kecil Berpendingin Air.

Envogas Pertamina, Brand Baru Gas Untuk Kendaraan

Pertamina Envogas yakni merek baru yang terpilih untuk Bahan Bakar Gas (BBG) yang pada sebelumnya sudah diperkenalkan oleh Pertamina pada tahun 1986 dan tahun 1992 melalui langit biru dan kemudian diluncurkan kembali pada tanggal 10 Desember 2012.

Penggunaan merek baru ini adalah bentuk aktualisasi semangabidangt dari Pertamina dalam berinovasi di energi dan memenuhi kebutuhan masyarakat sehingga dapat memberikan manfaat yang optimal sebagai bahan bakar alternatif yang ramah akan lingkungan.

Pertamina Envogas adalah produk CNG (Compressed Natural Gas) atau Gas alam yang telah dikompresi yang diperoleh melalui proses kompresi metana (CH4) hasil ekstraksi gas alam dengan tekanan 200 s/d 275 BAR. Komposisi gas metana (CH4) yang mempunyai fraksi yang jauh lebih ringan daripada udara, membuat CNG akan terlepas ke udara dengan segera, dalam hal kebocoran sehingga relatih lebih aman dibandingkan dengan bahan bakar minyak.

Penggunaan CNG sebagai bahan bakar, memang lebih bersih dan ramah lingkungan dibandingkan dengan bahan bakar minyak, hal ini karena CNG menghasilkan emisi lebih sedikit dibandingkan dengan bahan bakar minyak (1/3 tingkat emisi BBM), selain dengan oktan (RON - Penelitian Octane Number) dari 120, CNG juga dapat menghasilkan pembakaran yang jauh lebih bersih, sehingga daya tahan mesin kendaraan dengan pengobatan yang efektif. Harga Pertamina Envogas untuk sektor transportasi saat ini telah ditetapkan oleh Pemerintah Rp 3, 100 / LSP.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Pertamina silahkan menghubungi Kontak Pertamina di bawah
:
Contact Pertamina : 1500-000
Website : http://www.pertamina.com/
Facebook : https://web.facebook.com/ptpertaminapersero
Twitter : https://twitter.com/PTPERTAMINA
Youtube : https://www.youtube.com/user/PTPertamina

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan
Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan Reviewed by Agus Wibowo on 12/20/2016 Rating: 5
Agus Wibowo © 2015-2017 | Blogger Pontianak
Diberdayakan oleh Blogger.