Top Ad unit 728 × 90

Breaking News

recentposts
Teknologi

Dari Bhinneka Tunggal Ika, Kota Balikpapan Menginspirasi Dunia

Dari Bhinneka Tunggal Ika, Kota Balikpapan Menginspirasi Dunia - Manusia pada dasarnya adalah makhluk sosial, dimana dalam setiap keadaan selalu peduli dengan sesama dan lingkungan. 

Menurut Aristoteles manusia juga disebut sebagai Zoon Politicon yang berarti bahwa manusia memiliki kemampuan untuk hidup berkelompok dengan manusia yang lain dalam suatu organisasi yang teratur, sistematis dan memiliki tujuan yang jelas, seperti negara. 

Dan untuk mencapai tingkatan sebuah negara, maka penduduknya harus dapat bekerjasama, saling membantu, dan peduli demi terwujudnya kehidupan yang ber-bhinneka tunggal eka. 

Bhinneka Tunggal Ika sendiri dalam arti yang lebih mendalam bermakna, meskipun berbeda namun tetap satu, tidak peduli darimana asalmu, agamamu, sukumu, jika memiliki keinginan untuk membangun Indonesia maka kamu adalah bagian dari keluarga Indonesia. 

Saling tolong-menolong dalam kebaikan sejatinya bukan hanya teori para filsuf saja, namun dari setiap agama sudah pasti memerintahkan hal yang sama. 
Dari Bhinneka Tunggal Ika, Kota Balikpapan Menginspirasi Dunia
Sumber gambar : yevepe.deviantart.com
Sudah selayaknya setiap kota yang ada di Indonesia berpegang teguh terhadap prinsip ini, sikap saling tolong-menolong, bekerjasama, saling membantu, dan peduli. Namun, dari banyaknya kota yang ada di Indonesia, Kota Balikpapan nampaknya yang paling mencuri perhatian dunia. 

Perhatian ini bukan karena Kota Balikpapan gagal dalam menyejahterakan rakyatnya, justru hal ini karena begitu banyaknya prestasi yang didapat oleh kota yang terkenal akan slogan "Kota Beriman" ini dan tentunya patut dicontoh oleh kota-kota lain yang ada di Indonesia. 

Dalam kurun waktu 2016 saja setidaknya sudah 70 penghargaan yang telah diperoleh Kota Balikpapan di berbagai bidang, baik tingkat provinsi, nasional maupun internasional.

Untuk melihat Tabel Prestasi dari Kota Balikpapan ikuti link dibawah ini : 

Prestasi dari Pemerintah Kota Balikpapan ini tentunya tidak lepas dari masyarakatnya yang mampu mengaplikasikan makna mendalam dari Bhinneka Tunggal Ika. Selain itu, perlu diapresiasi juga kontribusi dari pihak swasta yang turut serta memajukan kota dengan julukan Kota Minyak ini. Salah satu pihak swasta yang secara konsisten dan berkesinambungan ikut membantu dan berkontribusi adalah ASTRA. 

Dimana, pihak Astra terus berberkontribusi positif terhadap kemajuan kota Balikpapan di berbagai bidang, seiring dengan cita-cita perusahaan yaitu untuk sejahtera bersama bangsa. 

60 tahun sudah Astra tumbuh dan berkembang bersama Indonesia, meski sudah melewati berbagai situasi, kondisi ekonomi dan sosial, serta mengalami beberapa kali perubahan kepemimpinan. Namun, Astra bukan lagi hanya sekedar mengabdi, pabrikan asli Indonesia ini juga sudah membuktikan kepeduliannya terhadap bangsa melalui berbagai program yang sudah dilakukannya. 

Kontribusi dan tanggungjawab sosial Astra kepada masyarakat telah diwujudkan sejak perusahaan ini berdiri. Hingga saat ini kontribusi Astra dilakukan secara berkesinambungan oleh 208 perusahaan Grup Astra melalui 9 yayasan :

  1. Yayasan Toyota Astra (berdiri tahun 1974, bergerak di bidang pendidikan). 
  2. Yayasan Dharma Bhakti Astra (berdiri tahun 1980, bergerak di bidang pengembangan UMKM). 
  3. Yayasan Astra Bina Ilmu (berdiri tahun 1995, berkembang menjadi Politeknik Manufaktur Astra (Polman Astra) untuk meningkatkan kualitas SDM, terutama di bidang industri sepeda motor). 
  4. Yayasan Astra Honda Motor (berdiri tahun 1995, untuk mendukung masyarakat di bidang pendidikan dan Income Generating Activities (IGA). 
  5. Yayasan Amaliah Astra (berdiri tahun 2001, bergerak di bidang sosial keagamaan). 
  6. Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim (berdiri tahun 2009, bergerak di bidang pendidikan, khususnya di daerah prasejahtera). 
  7. Yayasan Karya Bakti United Tractors (berdiri tahun 2008, untuk mempersiapkan SDM khususnya di bidang alat berat). 
  8. Yayasan Astra Agro Lestari (berdiri tahun 2010, fokus pada kegiatan sosial di bidang pendidikan). 
  9. Yayasan Insan Mulia Pama (berdiri tahun 2014, bergerak di bidang sosial keagamaan). 
Tidak hanya berhenti disitu saja, setelah perayaan Inspirasi 60 Tahun Astra beberapa waktu lalu, tanggung jawab sosial perusahaan Astra di seluruh Indonesia dititikberatkan pada 4 pilar, yaitu :

Astra Untuk Indonesia Sehat 

Dari Bhinneka Tunggal Ika, Kota Balikpapan Menginspirasi Dunia
Sumber gambar : satu-indonesia.com
CSR Astra bagai ujung tombak pilar kesehatan yang sengaja difokuskan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan ibu dan anak serta mempercepat perbaikan gizi masyarakat. Bahkan selama 60 tahun ini, pihak Astra telah memberikan pengobatan gratis kepada 125.818 pasien dan membina 1.577 posyandu serta menyumbangkan 216.263 kantong darah. 

Bersama masyarakat, Astra berinisiatif untuk mewujudkan Kampung Berseri Astra (KBA) sebagai kampung dengan lingkungan yang bersih dan hijau demi terwujudnya masyarakat yang sehat, cerdas dan produktif. Hingga hari ini, Astra telah memiliki 49 KBA yang tersebar di 17 provinsi di seluruh Indonesia. Bahkan sejak tahun 2014 Astra mulai mengampanyekan Program GenerAKSI Sehat Indonesia sebagai bagian dari kontribusi sosial Astra di bidang kesehatan. Kini GenerAKSI Sehat Indonesia telah berhasil menyumbangkan setidaknya 15.654 kacamata bagi anak-anak Indonesia khususnya di wilayah 3T. 

Astra Untuk Indonesia Cerdas 

Dari Bhinneka Tunggal Ika, Kota Balikpapan Menginspirasi Dunia
Sumber gambar : satu-indonesia.com
Pilar Pendidikan adalah salah satu program yang sangat penting mengingat persaingan saat ini yang bukan lagi antar kota saja, namun sudah mencapai taraf dunia. Melalui program Astra Untuk Indonesia Cerdas yang berfokus pada pembinaan sekolah dasar dan menengah guna meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini. Bahkan hingga kini, Astra telah berhasil memberikan 231.936 beasiswa, 20 Rumah Pintar, membina 15.859 Sekolah Binaan Astra dan 124 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) serta 40.284 guru.

Astra Untuk Indonesia Hijau 

Dari Bhinneka Tunggal Ika, Kota Balikpapan Menginspirasi Dunia
Sumber gambar : satu-indonesia.com
Beberapa tahun lalu pulau borneo pernah dinobatkan menjadi salah satu paru-paru dunia, oleh karena itu pengelolaan area konservasi dan perlindungan keanekaragaman Hayati terpadu yang berkelanjutan merupakan salah satu fokus utama Astra dalam menjalankan bisnis. 

Pilar ini tidak kalah pentingnya, selain ilmu yang bermanfaat, hanya alam harta abadi yang bisa kita wariskan kepada anak cucu kita. Berangkat dari sini, Astra melihat betapa pentingnya menjaga alam, bahkan hingga hari ini, Astra telah menanam 4.444.947 pohon, 1.103.493 pohon mangrove, membuka 27.439 hektar ruang terbuka hijau serta membangun 17 bank sampah. 

Astra Untuk Indonesia Kreatif 

Dari Bhinneka Tunggal Ika, Kota Balikpapan Menginspirasi Dunia
Sumber gambar : satu-indonesia.com
Untuk membantu mengentaskan masyarakat pra-sejahtera, sejak 37 tahun lalu melalui Yayasan Dharma Bakti Astra (YDBA), Astra secara serius berkomitmen menumbuhkan usaha produktif di masyarakat dengan mendorong penciptaan lapangan kerja dan kemandirian masyarakat dalam bentuk pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). 

Kini, Astra Untuk Indonesia Kreatif sedikitnya telah membina sekitar 10.847 Kelompok UMKM, 97.641 masyarakat penerima program, membangun 16 Lembaga Pengembangan Bisnis, serta 10 Lembaga Keuangan Mikro dan 200 disabilitas. 
Dari Bhinneka Tunggal Ika, Kota Balikpapan Menginspirasi Dunia
Sumber gambar : www.skyscrapercity.com
Bagaimana Balikpapan memberikan inspirasi dalam membangun kota penuh prestasi? Dengan menerapkan makna mendalam dari Bhinneka Tunggal Ika. Pemerintah, masyarakat, dan pihak swasta saling bersinergi, demi “Terwujudnya Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian Berlandaskan Gotong Royong”, hal ini sesuai dengan Visi Kabinet Kerja Presiden Indonesia, Ir. H. Joko Widodo.

Berkat kerjasama yang terstruktur dan terencana antara Pemerintah, masyarakat, dan pihak swasta ini, Kota Balikpapan bagai karang dilautan, sekuat apapun ombak menerjang, dia akan semakin menawan. 

Sumber artikel : 
www.astra.co.id
satu-indonesia.com
balikpapan.go.id
id.wikipedia.org
inilah.com
Dari Bhinneka Tunggal Ika, Kota Balikpapan Menginspirasi Dunia Reviewed by Agus Wibowo on 4/23/2017 Rating: 5

6 komentar:

  1. Iya mas, banyak suku bangsa yang berteduh di bawah payung Kota Minyak ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, semoga tetap terjaga persatuannya..

      Hapus
  2. Balikpapan kotanya regional Kalimantan, Astra perusahaan otomotif terbesar di Indonesia. Kolaborasi yang mantappp

    BalasHapus
  3. sering ke kaltim tapi belom pernah ke balikpapan
    baca artikel ini jadi makin penasaran nih mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah..ayo main ke Balikpapan mas, dijamin nggak nyesel..hehehe

      Hapus

Agus Wibowo © 2015-2017 | Blogger Pontianak
Diberdayakan oleh Blogger.