Breaking News

recentposts
Teknologi

Spesifikasi Lengkap Oppo F5 Indonesia, Fitur AI Beautification Untuk Selfie Paripurna

Oppo F5 Indonesia - Pada awal november lalu Oppo merilis smartphone terbarunya yaitu Oppo F5. Tidak terasa seri F dari Oppo sudah memasuki generasi ketiga. Mulai dari seri F1, F3, dan sekarang yang terbaru adalah Oppo F5. Penasaran apa saja hal baru yang Oppo tawarkan dalam seri F5 ini? Simak review lengkap Oppo F5 berikut :  

DESAIN 

Spesifikasi Lengkap Oppo F5 Indonesia, Fitur AI Beautification Untuk Selfie Paripurna
Oppo F5 : Capture The Real You (Sumber gambar : oppo.com/id)
Dari sisi desain, Oppo memiliki diameter panjang 156.5 mm, lebar 76 mm, dan ketebalannya cuma 7.5 mm. Oppo F5 adalah smartphone pertama dari Oppo yang menggunakan layar 6 inci berdimensi rasio 18:9 (bezeless), serta beresolusi Full HD+ 2.160 x 1080 piksel.

Namun ada yang mengejutkan, ternyata bagian body belakangnya terbuat dari polycarbonate, bukan metal seperti yang diberitakan beberapa media beberapa minggu terakhir, meskipun memang bodynya sekilas terlihat seperti metal. 

Pada bagian belakang, kita akan menemukan sensor sidik jari berbentuk oval. Jika kita merasa bosan untuk urusan lock-unlock smartphone dengan menggunakan sidik jari dan ingin mencoba sesuatu yang baru, maka Oppo F5 sudah dilengkapi dengan fitur deteksi wajah. 

Akurasi dan responsifnya terbilang lumayan dengan pencahayaan yang cukup terang. Namun pada saat cahaya redup, fitur ini tidak dapat diharapkan. 

KAMERA 

Spesifikasi Lengkap Oppo F5 Indonesia, Fitur AI Beautification Untuk Selfie Paripurna
Kamera Oppo F5 (Sumber gambar : oppo.com/id)
Keistimewaan dari smartphone seri F-nya Oppo dikenal karena kemampuan selfie-nya. Seperti F5 ini, yang masih menargetkan pada pasar penggila selfie. Pada seri F3 sebelumnya, Oppo menawarkan dua kamera depan dengan lensa-wide. Nah pada Oppo F5 ini, kamera depannya malah dikurangi dengan hanya menyisakan satu kamera saja. 

Namun, pihak Oppo meningkatkan resolusinya  menjadi 20 MP dengan aperture f/1.8. Selain itu, Oppo juga sangat percaya diri menggantikan fitur LED-Flash dengan screen-flash untuk berswafoto pada saat minim cahaya. 

Hal menariknya adalah Oppo mengklaim bahwa kamera depan dari seri F5 ini sudah dilengkapi dengan AI Beautification alias kecerdasan buatan. 

Pada intinya, tujuan utama dari fitur AI Beautification ini yaitu untuk membantu mengambil gambar selfie agar tampak lebih natural bukan seperti editan.

Spesifikasi Lengkap Oppo F5 Indonesia, Fitur AI Beautification Untuk Selfie Paripurna
Hasil Kamera Depan Oppo F5 (Sumber gambar : oppo.com/id)
Bagaimana menurut kalian, apakah fitur AI Beautification berhasil membuat foto selfie dan wefie tampak lebih natural? 

Ketika fitur Beautify dinonaktifkan, wajah akan terlihat polos apa adanya, dan ketika menggunakan mode auto Beautify, hasilnya terlihat lebih baik namun tetap natural, tidak berlebihan. 

Satu hal yang paling membuat kagum adalah detail dari foto masih terlihat jelas, seperti rambut-rambut halus disekitar wajah masih tampak dan tidak blur seperti kamera kebanyakan. Pada seri Oppo F5 ini ada 6 tingkat Beautify yang ditawarkan, namun untuk hasil Beautify tingkat 5 dan 6 terlihat over dan kurang natural. 

Selain ditanamkan fitur AI Beautification, smartphone ini juga memiliki mode potrait, yang juga dapat membuat foto hasil selfie menjadi tampak lebih luas, meskipun hasilnya masih terdapat blur yang kurang rapi. 
Spesifikasi Lengkap Oppo F5 Indonesia, Fitur AI Beautification Untuk Selfie Paripurna
Hasil Kamera Utama Oppo F5 (Sumber gambar : oppo.com/id)
Pada kamera utama, Oppo F5 sudah dipersenjatai dengan lensa 16 MP aperture f /2.0, ada pilihan mode expert untuk mengatur white balance, exposure, ISO 100 hingga 3200, shutter speed 1/8000 sampai 16 detik, dan juga manual fokus. Kemampuan kamera utama dari smartphone ini jelas dapat diandalkan ketika digunakan untuk memotret dalam kondisi cahaya cerah maupun low light, hasilnya tone foto akurat dan apa adanya. 

HARDWARE 

Spesifikasi Lengkap Oppo F5 Indonesia, Fitur AI Beautification Untuk Selfie Paripurna
Chipset 16 nanometer (Sumber gambar : oppo.com/id)
Hardware dari Oppo F5 mengalami peningkatan, karena telah ditanamkan chipset 16 nanometer, yaitu Helio P23 octa-core 2.3 GHz ditambah GPU Mali-G71MP2. Oppo F5 tersedia dalam 2 kapasitas RAM, yaitu 4 GB dan 6 GB.

Mengenai ruang penyimpanan, pilihannya antara 32 GB atau 64 GB, dan kalian dapat menambahkan slot dedicated microSD hingga 256 GB jika dirasa masih kurang. Sementara untu masalah sisi kekuatan baterai, smartphone ini mengusung baterai sebesar 3.200 mAh tanpa teknologi VOOC. Untuk daya tahan baterai, Oppo F5 mampu standby sekitar 12 jam, dengan screen on time sekitar 6 jam. 

Bagi teman-teman yang penasaran dengan peforma dari Helio P23, peforma dari chipset ini kurang lebih setara dengan Snapdragon 625. 
Spesifikasi Lengkap Oppo F5 Indonesia, Fitur AI Beautification Untuk Selfie Paripurna
Peforma Oppo F5 (Sumber gambar : oppo.com/id)
Hal ini terbukti dengan skor AnTuTu yang bisa mencapainya sebesar 64010. Namun sayangnya seperti ada sesuatu yang mengganjal, karena skor 3D-nya hanya sekitar 11754, sedangkan untuk skor CPU sekitar 20615. 

Berdasarkan skor AnTuTu tersebut, sangat mungkin Oppo F5 akan sedikit kewalahan untuk game menengah ke atas.

Oppo F5 memberikan upgrade pada prosesor, desain layar, dan kamera selfie-nya yang saat ini memiliki hasil yang lebih natural. 

Kehadirannya Oppo F5 tentu akan menambah kompetisi segmen smartphone selfie akhir tahun ini menjadi lebih menarik. Hal ini dikarenakan Oppo hanya membandrol harga jual seri F5 sekitar 4 jutaan saja. 

Berikut informasi lebih detail, boleh lihat spesifikasi lengkapnya berikut ini : 

SPESIFIKASI LENGKAP OPPO F5
JARINGAN
GSM / CDMA
GSM
Dual SIM
Ya + Memory (Total 3 slots)
Jenis SIM
Nano SIM
GPRS
Ya
EDGE
Ya
3G / HSDPA
Ya
4G LTE
Ya
DESAIN
Dimensi
156.5 x 76 x 7.5 mm
Berat
152 gram
Material
Metal
LED Notifikasi
Ada
LAYAR
Jenis
LTPS TFT
Lebar
6.0 inci, Rasio : 18:9
Resolusi
1080 x 2160 pixels
Kerapatan
401 ppi
Proteksi
Corning Gorilla Glass 5
Fitur
Split Screen
HARDWARE
Chipset
MediaTek MT6763T Helio P23
Fabrikasi
-
CPU
Octa-core 2.5 GHz Cortex-A53
GPU
Mali-G71 MP2
GPU Frekuensi
770MHz
RAM
4 GB & 6 GB
RAM Chanel
-
RAM Speed
-
MEMORY
Internal
32 GB & 64 GB
Tipe Memori
Dedicated slot
Eksternal
Up to 256 GB
ANDROID
Android
OS v7.0 Nougat
Skin
ColorOS 3.2
KAMERA UTAMA
Resolusi
16 MP, f/1.8,
Autofocus
Ya (Phase Detection Autofocus)
LED Flash
Ya ( Dual LED Flash )
OIS
-
Video
1080p@30fps
KAMERA DEPAN
Resolusi
20 MP, f/2.0, 1/2.8"
Autofocus
Ya
LED Flash
-
OIS
-
Fitur
A.I Beauty Recognition, Bokeh Effect & Screen Flash
KONEKTIFITAS
Wifi
Ya
Dual Band
Ya
Wifi Direct
Ya
Bluetooth
Ya
Infrared
Tidak
NFC
-
FM Radio
Tidak
USB
Ya ( Type C )
SENSOR
Accelerometer
Ya
Ambient Light
-
Proximity
Ya
Compass
Ya
Gyroscope
Ya
Finger Print Sensor
Ya
Retina Scanner
-
BATERAI
Jenis
Li-Ion
Kapasitas
3200 mAh
Fast Charging
Ya
Wirelles Charging
-
Removable
Tidak ( Non – removable )
HARGA
Rp. 3.999.000

Nah, demikianlah artikel tentang Spesifikasi Lengkap Oppo F5 Indonesia, Fitur AI Beautification Untuk Selfie Paripurna. Bagaimana menurut kalian, tertarik memilikinya? Ketik “amin” di kolom komentar kemudian bagikan artikel ini ke 5 temanmu dan lihat keajaibannya besok pagi. Semoga Bermanfaat.
Spesifikasi Lengkap Oppo F5 Indonesia, Fitur AI Beautification Untuk Selfie Paripurna Reviewed by Agus Wibowo on 11/27/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Agus Wibowo © 2015-2017 | Blogger Pontianak
Diberdayakan oleh Blogger.