Social Items

USB OTG SanDisk - Kehilangan, kemalingan, dan kerampokan merupakan musibah tidak mengenakan yang bisa menimpa siapa saja. Asal ada kesempatan, seseorang bisa saja menjadi penjahat dalam sekejap.
USB OTG SanDisk

Teman-teman pernah mendengar pepatah “setiap penjahat selalu memiliki potensi untuk menjadi orang baik, dan setiap orang baik selalu berpotensi menjadi penjahat”.

Dari pepatah ini kita dapat menangkap makna bahwa setiap orang memiliki potensi untuk menjadi penjahat, yang artinya setiap orang juga akan memiliki potensi mengalami tindakan kejahatan, apapun bentuknya, baik itu perampokan, kemalingan dan lain sebagainya. 

Berikut beberapa kisah kehilangan smartphone beserta data-data penting yang bikin nyesek hati : 

USB OTG SanDisk
Sumber gambar : twitter.com
Kisah-kisah diatas memberikan kita sebuah kesimpulan bahwa betapa pentingnya untuk memback-up data yang kita miliki, sebelum kehilangan terjadi.

USB OTG SanDisk
Sumber gambar : sandisk.id
Nah, menurut survey yang dilakukan DEKA yang dikomisikan oleh Western Digital Corp berikut beberapa penemuan menarik dari Indonesian Consumer Mobile Habit and Data Management Survey oleh Western Digital : 

  1. Sеbаnуаk 97% responden mеngаndаlkаn ѕmаrtрhоnе ѕеbаgаі gawai utаmа dаlаm keseharian mеrеkа. Rеѕроndеn yang lеbіh mudа cenderung bаnуаk menggunakan ѕmаrtрhоnе mеrеkа untuk bаnуаk fungѕі, mulаі dаrі gaming, nаvіgаѕі, video ѕtrеаmіng, аtаu berbelanja оnlіnе. Menariknya, survey іnі jugа mеnunjukkаn bаhwа smartphone ѕudаh mеnjаdі реnggаntі ‘kаmеrа’. Lеbіh dari 90% responden уаng mеmіlіkі ѕmаrtрhоnе mеngаtаkаn bаhwа mеrеkа lebih ѕеrіng mеnggunаkаn ѕmаrtрhоnе untuk mеngаmbіl gambar daripada untuk menelepon (87%) atau сhаttіng (72%). Akіbаtnуа, dаtа уаng аdа pada ѕmаrtрhоnе hampir seluruhnya tеrdіrі dari fоtо (98%) dan vіdео (79%). 

  2. Umumnуа, masyarakat Indоnеѕіа mеnggunаkаn smartphone dengan mеmоrі internal 16-32 GB (56% rеѕроndеn). Nаmun, tеntu kараѕіtаѕ ini tidak аkаn сukuр untuk mеnаmрung ѕіmраnаn fоtо dаn video yang terus bеrtаmbаh dі ѕmаrtрhоnе. Survеі membuktikan bаhwа lеbіh dari ѕеtеngаh responden mеngаtаkаn bаhwа mеrеkа hаnуа mеmіlіkі sisa mеmоrі 1-3 GB dі ѕmаrtрhоnе mereka. Kараѕіtаѕ tеrbаtаѕ ini mеnуеbаbkаn раrа responden terpaksa mеnghарuѕ dаtа untuk mеngоѕоngkаn kapasitas реnуіmраnаn dan hampir semua responden уаng mеngаlаmі mаѕаlаh іnі mеngаku merasa kеѕаl ѕааt роnѕеl mеrеkа kehabisan kараѕіtаѕ mеmоrі karna setiap momen #DibuangSayang.  

  3. Ada banyak fаktоr yang mеnуеbаbkаn para pengguna smartphone kеhіlаngаn data mеrеkа. Beberapa diantaranya аdаlаh mеmоrі уаng реnuh sehingga mereka hаruѕ mеnghарuѕ data, реrаngkаt уаng rusak, virus, fіlе yang ruѕаk, atau kеhіlаngаn perangkat. Wаlаuрun ѕеbаnуаk 67% rеѕроndеn pernah mеngаlаmі kаѕuѕ kehilangan dаtа ѕеbеlumnуа, hanya ѕереrtіgа dаrі mereka yang rutin mеlаkukаn pencadangan аtаu bасk up dаtа ѕеbulаn ѕеkаlі (аtаu lеbіh). Inі menunjukkan bаhwа ѕеbаgіаn besar rеѕроndеn belum mеmіlіkі rencana аtаu jаdwаl bасk-uр yang tеrаtur, раdаhаl bасk-uр merupakan hаl yang vіtаl untuk dіlаkukаn di еrа ѕеrbа dіgіtаl ini.

Dari data survei diatas membuat Western Digital merasa harus ikut andil membantu teman-teman untuk memberikan solusi dalam mengelola dan mem-backup data dengan mudah dan cepat. Western Digital menawarkan solusi lengkap mobile storage dengan brand SanDisk, yaitu SanDisk Dual Drive dan iXpand® Flash Drives

SanDisk Dual Drive


USB OTG SanDisk

SanDisk Dual Drive Ultra® M3.0 memudahkan teman-teman untuk mentransfer data dari ponsel ke komputer. Dengan konektor micro-USB di satu sisi, dan konektor USB 3.0 di sisi yang lainnya, drive ini membantu kalian untuk memindahkan data antar perangkat, dari smartphone atau tablet Android ke komputer laptop, PC, atau Mac dengan mudah. Selain itu, Konektor USB 3.0 memiliki performa yang tinggi dan disisi sebaliknya kompatibel dengan port USB 2.0. 

Kelebihan SanDisk Dual Drive


USB OTG SanDisk


SanDisk Dual Drive Ultra® M3.0 sudah kompatibel dengan smartphone dan tablet Android milik teman-teman yang mempunyai fitur dukungan USB OTG SanDisk. Sehingga kalian tidak perlu khawatir untuk membackup data sewaktu-waktu. 

USB OTG SanDisk

SanDisk Dual Drive Ultra® M3.0 dapat membebaskan ruang dengan cepat di smartphone atau tablet Android milik teman-teman untuk bisa mengambil lebih banyak momen berharga, baik itu gambar maupun video.

USB OTG SanDisk

SanDisk Dual Drive Ultra® M3.0 memungkinkan teman-teman untuk memindahkan dan membagikan data antara perangkat Android dan komputer desktop atau laptop dengan mudah dan cepat.

USB OTG SanDisk

Dengan desain yang cerdas dan rapi serta dapat ditarik, SanDisk Dual Drive Ultra® M3.0 menawarkan dual konektor micro-USB dan USB 3.0. Dimana, konektor USB 3.0 memiliki performa tinggi dalam mentransfer data dan di sisi sebaliknya kompatibel dengan port USB 2.0. 

USB OTG SanDisk

Konektor USB 3.0 memiliki performa berkecepatan tinggi, bahkan mampu mentransfer satu film penuh ke drive dengan lebih cepat dari drive USB 2.0 standar, yaitu hingga 150 MB/detik. 

USB OTG SanDisk

Untuk lebih memudahkan pengguna pihak Western Digital juga menyediakan aplikasi yang bisa teman-teman unduh di Google Play secara gratis, nama aplikasinya SanDisk Memory Zone. Dengan aplikasi ini memungkinkan kalian untuk melihat, mengakses, dan mencadangkan semua file dari memori smartphone dalam satu folder. Aplikasi ini juga mampu secara otomatis memindahkan file dari perangkat ke drive teman-teman untuk membebaskan ruang. 

Spesifikasi SanDisk Dual Drive Ultra® M3.0


USB OTG SanDisk

SanDisk Dual Drive Ultra® M3.0 hadir dengan 4 varian kapasitas, yaitu 16GB, 32GB, 64GB, dan 128GB. Teman-teman dapat memilih yang sesuai dengan kebutuhan, sehingga tidak terpaku hanya dalam satu pilihan saja.


iXpand® Flash Drives


USB OTG SanDisk

iXpand® Flash Drives dirancang menjadi pendamping terbaik untuk iPhone teman-teman, Flash Drive ini menawarkan cara mudah dan cepat untuk membebaskan ruang memori di iPhone kalian. Dimana iXpand® Flash Drives akan secara otomatis mencadangkan rol kamera teman-teman, bahkan kalian juga dapat menonton video dengan format populer langsung dari drive. 

Selain itu, drive ini memiliki konektor Lightning fleksibel yang dapat digunakan untuk sebagian besar wadah dan konektor USB 3.0 untuk dicolokkan ke komputer Mac atau PC teman-teman, sehingga kalian bisa memindahkan item-item dengan mudah kapan saja. 

 Flash Drive iXpand ini juga memberikan software enkripsi yang memungkinkan teman-teman dapat melindungi file dengan kata sandi, sehingga kalian dapat berbagi data sembari menjaga agar file-file penting lainnya tetap aman di seluruh perangkat. 

Mengabadikan momen penting, seperti foto dan rekam video sepuasnya melalui iPhone teman-teman dapat terwujud dengan adanya Flash Drive iXpand yang menghadirkan cara yang cepat dan mudah untuk membebaskan ruang memori di iPhone, sehingga kalian selalu siap untuk merekam lebih banyak kenangan. 

Kelebihan dari iXpand® Flash Drives 


USB OTG SanDisk

Bebaskan ruang memori di iPhone atau iPad teman-teman dengan cepat menggunakan Flash Drive iXpand. Cukup colokkan di konektor Lightning dan kalian dapat memindah foto, video, dan file lainnya dengan mudah dan cepat dari smartphone ke dalam drive. 

USB OTG SanDisk

Teman-teman dapat mengatur untuk mencadangkan rol kamera iPhone atau iPad secara otomatis kapan saja saat drive terhubung, melalui aplikasi SanDisk iXpand™ Drive. Sehingga kalian tidak perlu memilih foto mana yang perlu dicadangkan secara manual. Setiap kali teman-teman mencolokkan iXpand® Flash Drives, aplikasi ini akan secara otomatis melakukannya. 

USB OTG SanDisk

iXpand® Flash Drives mendukung format video populer (MP4, .MOV) sehingga teman-teman dapat menyimpan dan menonton video langsung dari drive, iXpand® Flash Drives membuat perjalanan kalian lebih menyenangkan. 

USB OTG SanDisk

iXpand® Flash Drives dirancang dengan konektor fleksibel yang dapat dicolokkan langsung ke iPhone atau iPad tanpa perlu melepas casingnya. Kini tersedia juga iXpand® Flash Drives dalam versi yang dibuat untuk sistem casing OtterBox uniVERSE. 

USB OTG SanDisk

Konektor USB 3.0 memiliki performa yang tinggi sehingga teman-teman dapat mentransfer data dari smartphone ke komputer d dalam sekejap mata. 

USB OTG SanDisk

Pihak Western Digital juga menyediakan sebuah aplikasi SanDisk iXpand™ Drive yang dapat teman-teman unduh di App Store, aplikasi iXpand Drive memudahkan saat mengelola foto dan video serta membuat kalian dapat menonton video dengan format-format populer langsung dari drive. 

Spesifikasi SanDisk iXpand™ Drive


USB OTG SanDisk

SanDisk iXpand™ Drive tersedia dalam 4 pilihan kapasitas yang dapat teman-teman pilih sesuai dengan kebutuhan. Jika ingin penyimpanan semakin lega, saya sarankan untuk memilih kapasitas yang paling tinggi. 

Dengan segudang fitur dan kualitas yang mumpuni dari SanDisk Dual Drive dan iXpand® Flash Drives yang ditawarkan Western Digital menjadi penyelamat kekinian yang mudah dan cerdas. Selain dapat menjaga data teman-teman, dengan bantuan SanDisk Dual Drive dan iXpand® Flash Drives, kini kalian tidak perlu khawatir kehabisan memori saat mengabadikan moment penting dengan orang-orang spesial.

Bagaimana, teman-teman tertarik memiliki SanDisk Dual Drive dan iXpand® Flash Drives?

Flash Drive #SanDiskAPAC ini bisa dibeli melalui Official Store SanDisk di Shopee.

Nah, itu dia artikel tentang USB OTG SanDisk, Solusi Kekinian Menjaga Data dengan Mudah dan Cerdas. Semoga bermanfaat.

USB OTG SanDisk, Solusi Kekinian Menjaga Data dengan Mudah dan Cerdas

USB OTG SanDisk - Kehilangan, kemalingan, dan kerampokan merupakan musibah tidak mengenakan yang bisa menimpa siapa saja. Asal ada kesempatan, seseorang bisa saja menjadi penjahat dalam sekejap.
USB OTG SanDisk

Teman-teman pernah mendengar pepatah “setiap penjahat selalu memiliki potensi untuk menjadi orang baik, dan setiap orang baik selalu berpotensi menjadi penjahat”.

Dari pepatah ini kita dapat menangkap makna bahwa setiap orang memiliki potensi untuk menjadi penjahat, yang artinya setiap orang juga akan memiliki potensi mengalami tindakan kejahatan, apapun bentuknya, baik itu perampokan, kemalingan dan lain sebagainya. 

Berikut beberapa kisah kehilangan smartphone beserta data-data penting yang bikin nyesek hati : 

USB OTG SanDisk
Sumber gambar : twitter.com
Kisah-kisah diatas memberikan kita sebuah kesimpulan bahwa betapa pentingnya untuk memback-up data yang kita miliki, sebelum kehilangan terjadi.

USB OTG SanDisk
Sumber gambar : sandisk.id
Nah, menurut survey yang dilakukan DEKA yang dikomisikan oleh Western Digital Corp berikut beberapa penemuan menarik dari Indonesian Consumer Mobile Habit and Data Management Survey oleh Western Digital : 

  1. Sеbаnуаk 97% responden mеngаndаlkаn ѕmаrtрhоnе ѕеbаgаі gawai utаmа dаlаm keseharian mеrеkа. Rеѕроndеn yang lеbіh mudа cenderung bаnуаk menggunakan ѕmаrtрhоnе mеrеkа untuk bаnуаk fungѕі, mulаі dаrі gaming, nаvіgаѕі, video ѕtrеаmіng, аtаu berbelanja оnlіnе. Menariknya, survey іnі jugа mеnunjukkаn bаhwа smartphone ѕudаh mеnjаdі реnggаntі ‘kаmеrа’. Lеbіh dari 90% responden уаng mеmіlіkі ѕmаrtрhоnе mеngаtаkаn bаhwа mеrеkа lebih ѕеrіng mеnggunаkаn ѕmаrtрhоnе untuk mеngаmbіl gambar daripada untuk menelepon (87%) atau сhаttіng (72%). Akіbаtnуа, dаtа уаng аdа pada ѕmаrtрhоnе hampir seluruhnya tеrdіrі dari fоtо (98%) dan vіdео (79%). 

  2. Umumnуа, masyarakat Indоnеѕіа mеnggunаkаn smartphone dengan mеmоrі internal 16-32 GB (56% rеѕроndеn). Nаmun, tеntu kараѕіtаѕ ini tidak аkаn сukuр untuk mеnаmрung ѕіmраnаn fоtо dаn video yang terus bеrtаmbаh dі ѕmаrtрhоnе. Survеі membuktikan bаhwа lеbіh dari ѕеtеngаh responden mеngаtаkаn bаhwа mеrеkа hаnуа mеmіlіkі sisa mеmоrі 1-3 GB dі ѕmаrtрhоnе mereka. Kараѕіtаѕ tеrbаtаѕ ini mеnуеbаbkаn раrа responden terpaksa mеnghарuѕ dаtа untuk mеngоѕоngkаn kapasitas реnуіmраnаn dan hampir semua responden уаng mеngаlаmі mаѕаlаh іnі mеngаku merasa kеѕаl ѕааt роnѕеl mеrеkа kehabisan kараѕіtаѕ mеmоrі karna setiap momen #DibuangSayang.  

  3. Ada banyak fаktоr yang mеnуеbаbkаn para pengguna smartphone kеhіlаngаn data mеrеkа. Beberapa diantaranya аdаlаh mеmоrі уаng реnuh sehingga mereka hаruѕ mеnghарuѕ data, реrаngkаt уаng rusak, virus, fіlе yang ruѕаk, atau kеhіlаngаn perangkat. Wаlаuрun ѕеbаnуаk 67% rеѕроndеn pernah mеngаlаmі kаѕuѕ kehilangan dаtа ѕеbеlumnуа, hanya ѕереrtіgа dаrі mereka yang rutin mеlаkukаn pencadangan аtаu bасk up dаtа ѕеbulаn ѕеkаlі (аtаu lеbіh). Inі menunjukkan bаhwа ѕеbаgіаn besar rеѕроndеn belum mеmіlіkі rencana аtаu jаdwаl bасk-uр yang tеrаtur, раdаhаl bасk-uр merupakan hаl yang vіtаl untuk dіlаkukаn di еrа ѕеrbа dіgіtаl ini.

Dari data survei diatas membuat Western Digital merasa harus ikut andil membantu teman-teman untuk memberikan solusi dalam mengelola dan mem-backup data dengan mudah dan cepat. Western Digital menawarkan solusi lengkap mobile storage dengan brand SanDisk, yaitu SanDisk Dual Drive dan iXpand® Flash Drives

SanDisk Dual Drive


USB OTG SanDisk

SanDisk Dual Drive Ultra® M3.0 memudahkan teman-teman untuk mentransfer data dari ponsel ke komputer. Dengan konektor micro-USB di satu sisi, dan konektor USB 3.0 di sisi yang lainnya, drive ini membantu kalian untuk memindahkan data antar perangkat, dari smartphone atau tablet Android ke komputer laptop, PC, atau Mac dengan mudah. Selain itu, Konektor USB 3.0 memiliki performa yang tinggi dan disisi sebaliknya kompatibel dengan port USB 2.0. 

Kelebihan SanDisk Dual Drive


USB OTG SanDisk


SanDisk Dual Drive Ultra® M3.0 sudah kompatibel dengan smartphone dan tablet Android milik teman-teman yang mempunyai fitur dukungan USB OTG SanDisk. Sehingga kalian tidak perlu khawatir untuk membackup data sewaktu-waktu. 

USB OTG SanDisk

SanDisk Dual Drive Ultra® M3.0 dapat membebaskan ruang dengan cepat di smartphone atau tablet Android milik teman-teman untuk bisa mengambil lebih banyak momen berharga, baik itu gambar maupun video.

USB OTG SanDisk

SanDisk Dual Drive Ultra® M3.0 memungkinkan teman-teman untuk memindahkan dan membagikan data antara perangkat Android dan komputer desktop atau laptop dengan mudah dan cepat.

USB OTG SanDisk

Dengan desain yang cerdas dan rapi serta dapat ditarik, SanDisk Dual Drive Ultra® M3.0 menawarkan dual konektor micro-USB dan USB 3.0. Dimana, konektor USB 3.0 memiliki performa tinggi dalam mentransfer data dan di sisi sebaliknya kompatibel dengan port USB 2.0. 

USB OTG SanDisk

Konektor USB 3.0 memiliki performa berkecepatan tinggi, bahkan mampu mentransfer satu film penuh ke drive dengan lebih cepat dari drive USB 2.0 standar, yaitu hingga 150 MB/detik. 

USB OTG SanDisk

Untuk lebih memudahkan pengguna pihak Western Digital juga menyediakan aplikasi yang bisa teman-teman unduh di Google Play secara gratis, nama aplikasinya SanDisk Memory Zone. Dengan aplikasi ini memungkinkan kalian untuk melihat, mengakses, dan mencadangkan semua file dari memori smartphone dalam satu folder. Aplikasi ini juga mampu secara otomatis memindahkan file dari perangkat ke drive teman-teman untuk membebaskan ruang. 

Spesifikasi SanDisk Dual Drive Ultra® M3.0


USB OTG SanDisk

SanDisk Dual Drive Ultra® M3.0 hadir dengan 4 varian kapasitas, yaitu 16GB, 32GB, 64GB, dan 128GB. Teman-teman dapat memilih yang sesuai dengan kebutuhan, sehingga tidak terpaku hanya dalam satu pilihan saja.


iXpand® Flash Drives


USB OTG SanDisk

iXpand® Flash Drives dirancang menjadi pendamping terbaik untuk iPhone teman-teman, Flash Drive ini menawarkan cara mudah dan cepat untuk membebaskan ruang memori di iPhone kalian. Dimana iXpand® Flash Drives akan secara otomatis mencadangkan rol kamera teman-teman, bahkan kalian juga dapat menonton video dengan format populer langsung dari drive. 

Selain itu, drive ini memiliki konektor Lightning fleksibel yang dapat digunakan untuk sebagian besar wadah dan konektor USB 3.0 untuk dicolokkan ke komputer Mac atau PC teman-teman, sehingga kalian bisa memindahkan item-item dengan mudah kapan saja. 

 Flash Drive iXpand ini juga memberikan software enkripsi yang memungkinkan teman-teman dapat melindungi file dengan kata sandi, sehingga kalian dapat berbagi data sembari menjaga agar file-file penting lainnya tetap aman di seluruh perangkat. 

Mengabadikan momen penting, seperti foto dan rekam video sepuasnya melalui iPhone teman-teman dapat terwujud dengan adanya Flash Drive iXpand yang menghadirkan cara yang cepat dan mudah untuk membebaskan ruang memori di iPhone, sehingga kalian selalu siap untuk merekam lebih banyak kenangan. 

Kelebihan dari iXpand® Flash Drives 


USB OTG SanDisk

Bebaskan ruang memori di iPhone atau iPad teman-teman dengan cepat menggunakan Flash Drive iXpand. Cukup colokkan di konektor Lightning dan kalian dapat memindah foto, video, dan file lainnya dengan mudah dan cepat dari smartphone ke dalam drive. 

USB OTG SanDisk

Teman-teman dapat mengatur untuk mencadangkan rol kamera iPhone atau iPad secara otomatis kapan saja saat drive terhubung, melalui aplikasi SanDisk iXpand™ Drive. Sehingga kalian tidak perlu memilih foto mana yang perlu dicadangkan secara manual. Setiap kali teman-teman mencolokkan iXpand® Flash Drives, aplikasi ini akan secara otomatis melakukannya. 

USB OTG SanDisk

iXpand® Flash Drives mendukung format video populer (MP4, .MOV) sehingga teman-teman dapat menyimpan dan menonton video langsung dari drive, iXpand® Flash Drives membuat perjalanan kalian lebih menyenangkan. 

USB OTG SanDisk

iXpand® Flash Drives dirancang dengan konektor fleksibel yang dapat dicolokkan langsung ke iPhone atau iPad tanpa perlu melepas casingnya. Kini tersedia juga iXpand® Flash Drives dalam versi yang dibuat untuk sistem casing OtterBox uniVERSE. 

USB OTG SanDisk

Konektor USB 3.0 memiliki performa yang tinggi sehingga teman-teman dapat mentransfer data dari smartphone ke komputer d dalam sekejap mata. 

USB OTG SanDisk

Pihak Western Digital juga menyediakan sebuah aplikasi SanDisk iXpand™ Drive yang dapat teman-teman unduh di App Store, aplikasi iXpand Drive memudahkan saat mengelola foto dan video serta membuat kalian dapat menonton video dengan format-format populer langsung dari drive. 

Spesifikasi SanDisk iXpand™ Drive


USB OTG SanDisk

SanDisk iXpand™ Drive tersedia dalam 4 pilihan kapasitas yang dapat teman-teman pilih sesuai dengan kebutuhan. Jika ingin penyimpanan semakin lega, saya sarankan untuk memilih kapasitas yang paling tinggi. 

Dengan segudang fitur dan kualitas yang mumpuni dari SanDisk Dual Drive dan iXpand® Flash Drives yang ditawarkan Western Digital menjadi penyelamat kekinian yang mudah dan cerdas. Selain dapat menjaga data teman-teman, dengan bantuan SanDisk Dual Drive dan iXpand® Flash Drives, kini kalian tidak perlu khawatir kehabisan memori saat mengabadikan moment penting dengan orang-orang spesial.

Bagaimana, teman-teman tertarik memiliki SanDisk Dual Drive dan iXpand® Flash Drives?

Flash Drive #SanDiskAPAC ini bisa dibeli melalui Official Store SanDisk di Shopee.

Nah, itu dia artikel tentang USB OTG SanDisk, Solusi Kekinian Menjaga Data dengan Mudah dan Cerdas. Semoga bermanfaat.

7 komentar:

  1. Sejak tahu teknologi SanDisk OTG ini jadi tidak khawatir kehilangan data di Hp, semuanya bisa dibackup secara praktis dan mudah

    BalasHapus
  2. kekinian dan nggak pake ribet ya kak. tinggal colok ke hp

    BalasHapus
  3. belum kekinian kalo belum punya yang satu ini ya

    BalasHapus
  4. wajib banget pake sandisk yang in. praktis banget buat back up data

    BalasHapus
  5. Hilang Smartphone emang bikin kesel deh
    Apalagi klo datanya penting banget, huhuhu
    Jadi susah buat undo waktu hehehe

    BalasHapus
  6. Jadi yg gunain USB OTG SanDisk termasuk pengguna yg cerdas kak ehheehee. Alhamdulillah aku selalu gunain USB OTG SanDisk buat backup data, emang cepat dan mudah prosesnya

    BalasHapus