Breaking News

recentposts
Teknologi

Keindahan Hayati Taman Nasional Danau Sentarum di Bumi Uncak Kapuas

Danau sentarum merupakan salah satu tempat wisata terindah dan unik yang ada di Kabupaten Kapuas Hulu. Menurut cerita yang ada, menyebutkan bahwa danau ini merupakan warisan dari jaman es atau jaman pleistosen. Tidak heran jika danau ini memiliki keanekaragaman hayati yang membuat orang berdecak kagum. Danau ini memiliki luas 132.000 hektar area yang terbagi menjadi 89.000 hektar area hutan rawa dan 43 hektar area daratan. 
Sumber : http://bittersweet-nectarina.blogspot.co.id/
Selain itu, Taman Nasional Danau Sentarum juga terdiri 23 % danau musiman dan sekitar 49 % diataranya merupakan hutan rawa yang kaya akan beragaman keunikan hayati. Dengan kawasan seluas itu tentunya danau sentarum memiliki beragam habitat makhluk hidup flora maupun fauna yang bisa dibilang cukup unik karena sebagian di antaranya merupakan endemik Borneo. 

Flora dan fauna Taman Nasional Danau Sentarum 

Taman Nasional Danau Sentarum memiliki beragam flora dan fauna yang diantaranya merupakan endemik borneo. Selain itu, Taman Nasional ini juga menyimpan beberapa hewan langka dan dilingdungi oleh CITES (Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora).

Daerah yang selalu memiliki iklim lembab dan basah ini mempunyai sekitar 510 spesies tumbuhan, bahkan 33 spesies diantaranya merupakan endemik Borneo dan 10 spesies diantaranya juga merupakan spesies baru. Vegetasi endemik Borneo yang ada di Taman Nasional Danau Sentarum yaitu, Caesaria spp, Croton cf ensifolius, Eugenia ambigua, Dichilanthe borneensis, Microcos cf stylocarpus, Rhodoleia spp, Helicia cf petiolaris, Korthlsella cf germinans, Vatica cf umbronata, dan Ternstroemia cf toguian. 

Sedangkan untuk kekayaan faunanya, Taman Nasional Danau Sentarum memiliki sekitar 141 spesies fauna, dan 29 spesies diantaranya merupakan endemik Borneo, serta 64 % hewan mamalianya juga merupakan endemik Borneo. Selain itu, kekayaan fauna lain yang ada di Taman Nasional Danau Sentarum adalah adanya 266 spesies ikan, sekitar 78 % diantaranya adalah jenis ikan air tawar endemik Borneo. Bahkan, Taman Nasional Danau Sentarum juga termasuk kedalam habitat ikan air tawar terlengkap didunia. 
Salah satu ikan air tawar yang ada di Taman Nasional ini yaitu ikan arwana atau dalam bahasa latinnya Scleropages formosus dan merupakan jenis super merah atau super red dragon fish dan memiliki nilai jual yang sangat tinggi serta termasuk kedalam perlindungan CITES. Selain ikan air tawar, Taman Nasional Danau Sentarum juga menyimpan 3 jenis reptil langka yang juga tercantum dalam CITES, yaitu buaya sinyulong atau dalam bahasa latinnya disebut Tomistoma schlegelii, buaya muara atau Crocodylus porosus, dan satu jenis lagi yang mirip dengan buaya siam atau C. siamensis yang belum teridentifikasi secara jelas. 

Taman Nasional warisan jaman es ini memiliki hutan rawa yang sering menampakan sekelompok bekantan atau dalam bahasa latinnya disebut Nasalis lavartus di sekitaran pinggiran sungai atau danau. Selain itu,Taman Nasional Danau Sentarum juga memiliki beberapa jenis burung yang dilangka dan terancam punah, seperti burung karau paruh merah atau Ciconia stormi, ruwai atau Argusianus argus dan masih banyak yang lainnya.  

Akses Menuju Taman Nasional Danau Sentarum 

Bagi wisatawan yang tertarik berkunjung ke Taman Nasional Danau Sentarum untuk sekedar liburan atau berekreasi bahkan penelitian sudah dapat dipastikan akan dimanjakan dengan wisata alam yang asri, bagi peniliti tentunya flora dan fauna yang di miliki Taman Nasional ini akan menyuguhkan petualangan yang sangat menarik nan asik terutama untuk beberapa flora dan fauna endemiknya.

Selain itu, pengunjung juga dapat bersampan ria mengelilingi danau sambil mengabadikan pemandangan yang sangat menawan karya tuhan semesta alam. Jika anda dari daerah Pontianak, anda dapat menaiki bis Pontianak tujuan Nanga Suhaid atau jongkong dengan waktu tempuh sekitar 12 jam, kemudian menyewa perahu atau speedboat dari Nanga Suhaid atau Jongkong menuju Danau Sentarum. Jika anda ingin mencoba menggunakan jalur udara, anda dapat membeli tiket pesawat Pontianak dengan tujuan Sintang. Berangkat dari Bandara Supadio kemudian turun di Bandara Susilo Sintang. Setelah itu anda menaiki kendaraan umum atau travel dari Sintang menuju Nanga Suhaid atau Jongkong. Kemudian anda dapat menyewa atau carter perahu/speedboat dari Nanga Suhaid atau Jongkong menuju danau sentarum. Selamat berlibur.

Sumber : 
  • PDF : Dapatkah Pengelolaan Kolaboratif Menyelamatkan Taman Nasional Danau Sentarum? Karya : Gusti Z. Anshari 
  • https://goo.gl/Swfmnc
  • https://goo.gl/4gtgAt
Keindahan Hayati Taman Nasional Danau Sentarum di Bumi Uncak Kapuas Reviewed by Agus Wibowo on 2/05/2017 Rating: 5

1 komentar:

  1. Menarik banget ya...
    sayangnya jauhan.
    kira-kira perlu berapa dana yang perlu dipersiapkan untuk ke sana ya?
    thank

    BalasHapus

Agus Wibowo © 2015-2017 | Blogger Pontianak
Diberdayakan oleh Blogger.